Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa yang Membuat Ban Mobil Meledak di Jalan Tol?

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian mobil yang mengalami ban meledak di jalan tol memang kerap terjadi. Bahkan bagi yang tidak waspada, ban mobil yang meledak bisa berujung kecelakaan fatal.

Soal ban, memang kerap disepelekan oleh pemilik kendaraan. Ada saja yang merasa ban dalam kondisi baik selama dia masih bisa bergulir.

Padahal ban merupakan satu-satunya komponen mobil yang menyentuh aspal. Sehingga jika meledak, tentu bisa celaka karena ban tidak lagi mencengkeram aspal.

Lalu apa saja yang menyebabkan ban mobil meledak di jalan tol?

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal mengatakan, penyebab utama dari ban meledak ketika di jalan tol adalah kurang perawatan, salah satunya adalah tekanan udara yang di bawah standar.

“Jika ban dengan tekanan udara yang kurang dan dipaksa tetap berjalan, dindingnya akan melepuh. Kemudian sesuaikan juga tekanan udara ban dengan rekomendasi pabrikan mobil dan ikuti beban maksimal yang diperbolehkan,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jika mobil mengangkut beban yang berlebihan, sama saja menambah stres ban. Sehingga dinding ban juga ikut terlipat. Selain itu, kondisi fisik ban juga harus diperhatikan, seperti adanya kerikil di bagian alur ban.

“Kerikil yang didiamkan, lama-lama tembus ke bagian telapak, melukai belt dan akhirnya kempis atau kurang udara. Selain itu belt yang dari steel bisa berkarat akibat korosi, kalau sudah parah, bisa-bisa telapaknya lepas,” kata Zulpata.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/04/140200515/apa-yang-membuat-ban-mobil-meledak-di-jalan-tol-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke