Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Arti Huruf di Pelat Nomor | Harga Toyota Rush di Solo Turun

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiap kendaraan bermotor dilengkapi dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Peranti ini mengandung informasi dari angka dan huruf yang digunakan.

Namun, tak banyak masyarakat yang mengetahui informasi tersebut. Salah satunya adalah arti huruf akhir di pelat nomor kendaraan.

Berita lainnya yang tak kalah banyak dibaca adalah soal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, khususnya titik penyekatan.

Selain itu, berita soal harga Toyota Rush di Solo yang turun juga menarik banyak pembaca.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 6 Juli 2021:

1. Sudah Tahu Arti Tiga Huruf Akhir di Pelat Nomor Kendaraan?

Setiap kendaraan bermotor wajib hukumnya dilengkapi dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Sebab, pelat nomor ini menyimpan banyak informasi dari kendaraan tersebut.

Tak banyak juga masyarakat yang mengetahui arti huruf akhir di pelat nomor kendaraan. Melansir dari situs NTMC Polri, pelat nomor berisi 3 hal, yaitu kode wilayah pendaftaran, nomor pendaftaran kendaraan bermotor dan masa berlaku.

2. PPKM Darurat, Berikut 8 Titik Penyekatan di Kabupaten Bogor

PPKM Darurat sudah ditetapkan mulai 3 Juli 2021 sampai 20 Juli 2021. Penyekatan juga dilakukan di kawasan Kabupaten Bogor. Sebanyak 1.000 personel Polres Bogor, Jawa Barat, dikerahkan dalam pengamanan penerapan PPKM Darurat.

Ada 8 titik penyekatan di perbatasan Kabupaten Bogor. Titik tersebut akan dijaga oleh personel gabungan dari kepolisian, Satpol PP, Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, dan Kodim 0621/Kabupaten Bogor.

3. PPKM Darurat, Ini 9 Titik Lokasi Penyekatan di Depok

Selama PPKM Darurat, dilakukan penyekatan di berbagai titik, termasuk di Kota Depok. Ada sekitar 0 titik lokasi penyekatan PPKM Darurat di Depok.

Operasi yustisi ini mengutamakan penegakan aturan PPKM darurat untuk menekan laju penularan virus corona dengan melibatkan TNI, Polri, Satpol PP, dan Dishub Kota Depok.

4. Avanza Main Potong Lajur Xpander, Begini Etika Menyalip yang Aman

Menyalip mobil lain sewaktu berkendara bukan perkara sederhana. Terlebih menyalip kendaraan di jalan tol, tidak hanya butuh teknik yang aman, tapi juga etika yang benar.

Seperti kejadian yang diunggah Instagram @dashcam_owners_indonesia (6/7/2021), terlihat sebuah Toyota Avanza main asal potong lajur yang digunakan oleh Mitsubishi Xpander.

5. Harga Toyota Rush di Solo Turun Rp 9,6 Juta

Diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 100 persen untuk berbagai model mobil di Indonesia resmi diperpanjang hingga Agustus 2021. Beberapa jenis mobil mengalami penurunan harga akibat perpanjangan diskon pajak ini. Salah satu yang juga turun, yakni Toyota Rush.

Toyota Rush jadi salah satu penerima insentif PPnBM karena sudah memenuhi syarat wajib kandungan komponen lokal paling sedikit 70 persen dan kapasitas mesin 1.500 cc ke bawah.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/07/060200015/-populer-otomotif-arti-huruf-di-pelat-nomor-harga-toyota-rush-di-solo-turun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke