Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Jadinya Kalau Honda Supra Jadi Motor Balap MotoGP

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri lagi, motor balap MotoGP kerap menjadi acuan untuk para penggemar modifikasi. Salah satu contohnya adalah Honda RCV versi motor bebek ini.

Dengan basis Honda Supra GTR 150 alias RS150R asal Malaysia, motor bebek tersebut dimodifikasi sedemikian rupa dengan konsep motor balap MotoGP. Bahkan, lengkap dengan winglet di bagian bodi.

Dikutip dari Paultan.org, Minggu (6/6/2021), pelakunya adalah Rudy Norman, salah satu anggota dari Geng Tayar Besar (GTB). Geng Tayar Besar jika diartikan ke bahasa Indonesia adalah Geng Ban Besar.

Lihat saja ukuran ban depan dan ban belakangnya yang lebih pantas untuk dijejali ke motor gede (moge) dibandingkan motor bebek.

Untuk awal pengerjaannya, dimulai dari pembuatan bodi dan grafis bodinya. Rudy mengikuti livery Repsol Honda Team di MotoGP, seperti RC213V milik Marc Marquez dan Pol Espargaro.

Setelah itu, pengerjaan berlanjut ke bagian kaki-kakinya. Rudy mencoba menyematkan ban besar yang biasa dipakai motor superbike dan single-sided swingarm copotan Honda VFR800.

Selanjutnya, jok juga kena revisi. Lalu, didukung juga dengan sistem pengereman depan double disc brake dengan kaliper rem Brembo, suspensi depan upside down, dan lainnya.

Khusus suspensi, Rudy menggunakan suspensi motor balap yang biasa dipakai di ajang Malaysian Cup Prix. Suspensi depan upside down ini juga dapat diatur sepenuhnya.

"Ini tidak sebegitu mudahnya. Kami mencoba untuk mempertahankan rangkanya tetap utuh untuk menghindari masalah dengan pihak berwenang. Tapi, untuk bagian lainnya sudah dimodifikasi semua," ujar Rudy.

Selain suspensi depan upside down, ban depan dan belakang yang luar biasa lebar, bagian lain yang mencuri perhatian adalah single-sided swingarm yang tak biasa digunakan pada motor bebek.

"Iya, bagian itu membuat saya banyak begadang, mencoba untuk memecahkan bagaimana menyematkan swingarm pada rangka, mempertahankan geometrinya dan tetap terlihat bagus," kata Rudy.

Ban yang digunakan juga ban Dunlop Sportmax GP yang biasa digunakan untuk balapan. Performa mesin didukung dengan knalpot dari SCK Racing.

Sayangnya, tidak disebutkan berapa biaya yang dikeluarkan untuk membangun replika RCV pada motor bebek ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/06/144100215/begini-jadinya-kalau-honda-supra-jadi-motor-balap-motogp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke