Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Buka Pintu Mobil saat Baterai Remote Keyless Habis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir setiap mobil zaman sekarang dilengkapi dengan fitur smart key atau teknologi keyless. Jadi, tak perlu lagi menggunakan anak kunci untuk membuka pintu mobil, sampai menyalakan mesin.

Dengan teknologi tersebut, membuka pintu mobil dan menghidupkan mesin saat ini bisa dilakukan hanya dengan menekan tombol. Bisa juga dengan tombol yang ada pada mobil atau pada remote.

Saat akan masuk, cukup tekan tombol hitam yang ada pada gagang pintu tanpa repot mengeluarkan remote dari dalam saku. Untuk menghidupkan mesin, cukup menekan tombol engine start stop.

Sistem kerja fitur keyless mengandalkan baterai pada remote. Saat daya baterai sudah berkurang, tentu akan mempengaruhi kinerjanya.

Techical Support PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, pemilik mobil tidak perlu panik dan khawatir ketika baterai remote habis. Pasalnya, bukan berarti pengemudi harus langsung mengganti baterai, tapi masih bisa mencoba beberapa hal untuk dapat mengakses mobilnya.

"Biasanya meski baterai remote sudah lemah tapi masih bisa mengirim sinyal bila jaraknya cukup dekat. Caranya dengan coba menekan remote dengan jarak dekat dengan mobil, contoh menempel di kaca depan langsung berdekatan dengan gagang pintu mobil," ujar Didi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Bila memang tak ada respons, Didi menyarankan untuk mencoba cara manual, yakni membuka pintu mobil dengan anak kunci. Meskipun sudah dibekali fitur keyless, bukan berarti pihak pabrikan tidak menyiapkan cadangan anak kunci.

Anak kuncinya biasanya dibuat menyatu dengan remote. Untuk mengeluarkan anak kunci, cukup cari tombol kecil pada bagian remote yang biasa terletak di bagian belakang atau atas.

"Pastinya sudah dilengkapi dengan batang anak kunci pada remotenya, jadi saat darurat seperti baterai habis pemilik mobil masih tetap bisa masuk ke dalam mobil, jangan langsung panik," kata Didi.

Setelah pintu berhasil dibuka, langkah selanjutnya adalah menyalakan mesin. Cukup hadapkan remote keyless ke tombol engine start stop. Otomatis mobil sudah bisa langsung menyala seperti semula.

"Contoh pada keyless Toyota, nah tinggal tempel remote yang ada lambang Toyota ke tombol setelah itu lakukan start seperti biasa. Tapi agar nyaman, jangan lupa untuk mengganti baterai remote, bisa di bengkel resmi atau melakukan sendiri," ujar Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/05/030200515/cara-buka-pintu-mobil-saat-baterai-remote-keyless-habis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke