Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tampak Sederhana, Modifikasi Bagian Ini Ternyata Berisiko Kebakaran

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini tren modifikasi pada kendaraan bermotor roda empat terus mengalami perkembangan, khususnya di kalangan kawula muda. Sebab hal tersebut bisa meningkatkan daya tarik tersendiri.

Tetapi, melakukan ubahan atau penambahan suatu komponen di mobil bisa berpotensi menghanguskan garansi pabrikan. Bahkan dalam suatu kasus tertentu dapat berdampak fatal.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi mengatakan, salah satunya ialah saat pemilik memutuskan untuk memodifikasi bagian yang berhubungan dengan kelistrikan.

“Dari pabrikan sudah punya standar, kabel yang digunakan itu bisa menampung beban seberapa besar,” ujarnya kepada Kompas.com.

Sebagai contoh upgrade audio, bila tidak diimbangkan dengan suatu penambahan daya maka cukup berisiko. Apalagi pengerjaan dilakukan oleh pihak yang tidak berpengalaman.

Didi melanjutkan, jika ada kabel yang kelebihan beban, kemudian menjadi panas dan meleleh, dampaknya bisa ke mana-mana, mulai dari korsleting hingga kebakaran. Terlebih jika kabel yang bersangkutan hanya disambung dan ditempel kembali, bukannya buat arus sendiri.

“Hal yang kita hindari itu kalau terjadi kerusakan atau kebakaran yang diakibatkan modifikasi yang dilakukan pihak lain, lalu klaimnya ke pihak pabrikan,” kata dia.

Didi menambahkan, kalau ada terjadi kebakaran begitu, biasanya pihak pabrikannya dulu yang dipertanyakan.

“Tentunya pihak pabrikan pasti akan melakukan investigasi terlebih dahulu. Jadi lebih baik tidak melakukan modifikasi,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/03/170100515/tampak-sederhana-modifikasi-bagian-ini-ternyata-berisiko-kebakaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke