Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kulik Mesin eSP+ pada Honda PCX 160

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda PCX 160 dibekali dengan mesin terbaru, yakni eSP+ (enhanced Smart Power). Dengan mesin tersebut, ada peningkatan performa dari segi tenaga dan juga torsinya.

Dikutip dari Honda.co.jp, banyak ubahan yang dilakukan oleh Honda pada mesin eSP+ itu. Ubahan paling mencolok ada pada jumlah klepnya.

Pada PCX 150, mesin eSP yang digunakannya hanya menggunakan 2 klep. Sedangkan pada PCX 160, dibekali dengan 4 klep pada mesinnya.

Lalu, diameter piston dan langkahnya juga ditingkatkan. Sekarang sudah 60 mm x 55,5 mm. Sehingga, kapasitas mesinnya membengkak menjadi 156,9 cc. Businya diposisikan tepat di tengah piston.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 15,5 tk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Selain itu, efisiensi pemasukan campuran udara dengan bahan bakar dan efisiensi pembuangan gas pembakaran juga ditingkatkan demi mencapai output yang tinggi.

Untuk mengurangi hambatan geser dan meningkatkan rasio kompresi, di dalam mesinnya juga sudah terdapat Piston Oil Jet.

Piston tersebut akan menyemprotkan oli mesin ke bagian belakang piston yang dapat membuat pendinginan lebih efisien dan meningkatkan waktu pembakaran.

Pistonnya juga sudah dilapisi dengan molybdenum dengan desain ring piston yang baru. Sehingga, mampu menyapu pelumas lebih baik.

Mesin eSP+ juga dibekali dengan hydraulic cam chain tensioner lifter. Dengan komponen tersebut, mampu mengurangi gesekan dan suara, serta getaran mesin pada saat yang bersamaan. Sehingga, kinerja mesin menjadi lebih stabil.

Lalu, jalur intake dari saringan udara ke pipa inlet sudah diperluas. Diameter throttle body juga diperbesar untuk meningkatkan efisiensi intake.

Sebagai tambahan, di bagian knalpot juga mengalami ubahan pada struktur di bagian dalamnya. Sehingga, tidak hanya performa meningkat, tapi juga lebih ramah lingkungan.

Setelah dirilis di Jepang dan Thailand, Honda PCX 160 disinyalir juga akan segera meluncur di Indonesia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/02/182100615/kulik-mesin-esp-pada-honda-pcx-160

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke