Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seberapa Irit Mesin Turbo Wuling Cortez CT Type S?

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah membahas soal eksterior, interior, serta sensasi berkendara, waktunya mengulik masalah efesiensi bahan bakar Wuling Cortez CT Type S yang menjadi varian termurah di keluarga Cortez.

Dengan bodi bongsor, MPV Wuling ini hadir dibekali mesin turbocharger 1.500 cc yang mampu menyuplai tenaga 140 tk pada 5.200 rpm serta torsi 250 Nm. Daya tersebut ditransfer melalui tranmisi CVT 8 percepatan ke penggerak roda depannya.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, meski sudah dibekali turbo tapi urusan sensasi berkendara masih mengedepankan sebuah MPV keluarga. Jadi jangan harap sisi agresifnya sama seperti sebuah SUV atau hatchback, apalagi Cortez punya dimensi yang boxy.

Mengajak Cortez CT Type S di dalam kota dan luar kota masih cukup nyaman, sensasi berkendaranya tak beda dengan membawa sebuah MPV medium.

Adanya turbo cukup berperan memberikan sisi responsif yang cukup di putaran bawah, hal ini membuatnya tak lemot ketika menghadapi kondisi stop n go.

Sementara untuk di putaran atas, walau masih ada gejala lag, namum masih dalam kategori sewajarnya mengingat statusnya sebagai mobil keluarga.

Dengan begitu, redaksi menyimpulkan bila mesin turbo dan teknologi yang dihadirkan memang lebih untuk mengimbangi dimensinya sebagai sebuah mobil keluarga.

Lantas berapa konsumsi bahan bakarnya ?

Berkeliling mengunakan Cortez CT Type S di Jakarta hingga Cikarang sejauh kurang lebih 160 km, dengan mode berkendara normal tanpa mematikan AC, redaksi mendapatkan rata-rata konsumsi BBM dikisaran 14,5 kpl.

Angka tersebut masih cukup logis untuk sebuah mobil keluarga berbodi bongsor dengan mesin sederhana yang ditopang turbocharger. Sayangnya, kami memang belum menjajal dalam versi membawa penumpang penuh ke luar kota, namun rasanya tidak akan terlalu berbeda jauh.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/04/124100615/seberapa-irit-mesin-turbo-wuling-cortez-ct-type-s-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke