Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tergerus SUV, Toyota Masih Optimistis Pasarkan Yaris Facelift

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski tren mobil hatchback mengalami penurunan, namun PT Toyota Astra Motor (TAM) optimistis pasarnya di Tanah Air tetap ada. Kondisi tersebut juga menjadi salah satu alasan munculnya versi penyegaran dari Yaris.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM mengatakan, dari segi tren memang ada penurunan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tapi tidak terlalu signifikan, bahkan masih dianggap segmen yang potensial.

"Kalau ditarik mundur misalnya pada 2016, market hatchback dibandingkan total market itu komposisinya 19 persen. Jadi bisa dibilang saat itu, di luar MPV, hatchback salah satu segmen yang dominan meski saat ini tergantikan dengan SUV yang komposisinya meningkat," ucap Anton kepada wartawan dalam sesi tanya jawab virtual, Selasa (8/9/2020).

Anton mengatakan pada 2019, hatchback komposisinya 16,1 persen, turun dari 19 persen. Sementara hingga Juli 2020, dari rekap retail sales juga alami penurunan, namun diklaim tak begitu drastis, yakni 15,7 persen.

"Jadi bila dikatakan menurun memang betul, tapi jumlah 15-16 persen itu masih sangat signifikan," kata Anton.

Menurut Anton, bila pasar tahun lalu misalnya mencapai 1 jutaan, maka 16 persen itu masih sangat besar. Karena secara tak langsung artinya dalam satu bulan penjualan hatchback di Tanah Air lebih dari 10.000 unit.

Dengan adanya hitungan tersebut, Anton menjelaskan hatchback hingga saat ini masuk dalam tiga segmen terbesar yang berkontribusi dari sisi penjualan mobil penumpang selain SUV dan MPV.

"Kalau dibandingkan dengan sedan, hatchabck itu pasarnya jauh lebih tinggi karena sedan bisa dibilang sudah sangat minim saat ini. Karena itu, kenapa kami konsiten untuk menghadirkan hatchback, mulai dari Agya pada awal tahun dan sekarang Yaris," ujar Anton.

Sementara ketika ditanya soal target penjualan per bulan untuk Yaris facelifit yang kini hanya hadir dalam dua varian saja, yakni G dan TRD, Anton optimis masih bisa menyentuh angka 500-an unit.

"Sebenarnya ini tantangan, karena kami ingin arahnya ke 600 unit, tapi ini tergantung dari pasar dan kita harap market-nya bisa tumbuh. Secara potensi bisa, karena itu kita tetapkan angkanya di 500-an per bulan," kata Anton.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/09/102200415/tergerus-suv-toyota-masih-optimistis-pasarkan-yaris-facelift

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke