Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Tambah Oli Mobil Bisa Bikin Mesin Jebol?

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelumas atau oli merupakan komponen yang penting bagi kendaraan, baik mobil ataupun motor. Bahkan jika oli berkurang, bisa berakibat mesin mengalami overheat.

Ketika hal ini terjadi, tidak sedikit pemilik mobil yang justru melakukan penambahan oli mesin sendiri. Harapannya, volume yang berkurang bisa digantikan dengan oli yang baru ditambahkan.

Namun, beredar mitos di kalangan pemilik kendaraan kalau tambah oli sendiri, bisa bikin mesin jebol. Apakah fakta  atau sakadar mitos semata?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, sebenarnya untuk penambahan oli tidak masalah untuk dilakukan tapi dengan catatan.

Utamanya, adalah jangan menambah terlalu banyak, jadi harus sesuai kebutuhan kendaraan masing-masing. Untuk mengetahui volume oli pada mesin, bisa dilihat dari dipstick oli yang ada pada bagian depan atau ruang mesin.

“Kalau kebanyakan (penambahannya) harus di tap sesuai maksimum yang tertera pada dipstick olinya. Sebab, kalau sampai kelebihan bisa menyebabkan kinerja mesin menjadi lebih berat,” ujar Didi kepada Kompas.com.

Kondisi tersebut tentu akan berdampak pada konsumsi bahan bakar mobil yang akan menjadi lebih boros dari sebelumnya.

“Efeknya bisa over running. Artinya, mesin akan menahan putaran roda yang berebih, sehingga mesin tertahan dan bahayanya mesin bisa jebol. Kalau sudah terjadi seperti itu, mau tidak mau harus dilakukan perbaikan total, yakni turun mesin,” kata Didi.

Maka dari itu, sebelum melakukan penambahan pada oli mesin sebaiknya diperhatikan dulu volumenya. Jadi, pemilik kendaraan bisa diperkirakan batas maksimal oli yang ada di ruang mesin.

“Kalau kurang bisa ditambah, namun dikira-kira penambahannya dengan melihat levelnya,” ucap Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/07/074200015/mitos-atau-fakta-tambah-oli-mobil-bisa-bikin-mesin-jebol-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke