Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pantai Mutiara Banjir, Begini Cara Menangani Motor Terendam Air Laut

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian wilayah di Jakarta Utara termasuk Pantai Mutiara dilanda bencana banjir rob. Naiknya permukaan air laut hingga membanjiri jalanan ini membuat banyak sepeda motor milik warga sekitar terendam.

Sepeda motor yang sebagian besar komponennya terbuat dari besi tentunya bukan sahabat air laut yang mengandung garam. Untuk itu, diperlukan perbaikan yang tepat pada motor yang terendam air laut, apalagi jika sampai masuk ke bagian mesin.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, ada beberapa tahap dalam proses perbaikan motor dalam kondisi tersebut.

“Sudah pasti akan dicek dulu bagian mana saja yang rusak. Perlakuan pengecekan sama baik motor sport, bebek dan skutik,” ujar Endro, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Endro menambahkan, motor harus dicuci terlebih dahulu sampai ke bagian dalam. Sebab, air laut dapat menyebabkan penimbunan kotoran dan kerak di bagian dalam. Khusus untuk skutik, pemeriksaan dilakukan juga dengan membuka seluruh komponen CVT.

Bagian yang dapat menampung cairan, seperti tangki bahan bakar juga perlu dibersihkan. Tak terkecuali oli mesin juga wajib diganti. Tidak disarankan untuk menggunakan cairan yang sudah pernah terendam air.

Endro mengatakan, penting juga untuk melakukan pengecekan pada komponen kelistrikan, di antaranya alternator, ECM, dan relay. Satu per satu dicek bagian-bagiannya.

“Semua cairan di motor harus ganti, berjaga-jaga untuk bekerja dengan baik. Semua komponen dilepas dan diperiksa apakah ada airnya atau tidak. Pengerjaan cepat atau tidak tergantung ketersediaan part yang dibutuhkan,” ujar Endro.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/06/092200815/pantai-mutiara-banjir-begini-cara-menangani-motor-terendam-air-laut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke