Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Jenis-jenis Sekring Motor dan Arti Warnanya

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap sepeda motor dilengkapi juga dengan sistem kelistrikan. Sistem ini butuh pengaman agar tidak terjadi korsleting. Pengaman tersebut adalah sekring.

Jangan anggap remeh dimensinya yang mungil. Sebab, sekring punya fungsi yang sangat penting. Tanpa adanya sekring, motor bisa saja mengalami mogok atau pada kasus tertentu bisa menyebabkan kebakaran.

"Sekring berfungsi untuk memutus arus jika terjadi korsleting di rangkaian kelistrikan tersebut," ujar Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, saat dihubungi Kompas.Com, belum lama ini.

Sekring yang digunakan pada kendaraan biasanya ada dua jenis, yakni sekring tabung (tube fuse) dan sekring tancap (fuse blade).

Sekring tabung banyak digunakan pada mobil dan motor lawas. Sesuai namanya, sekring ini berbentuk tabung, memudahkannya untuk melihat apakah sekringnya putus.

Sementara sekring tancap, digunakan pada kendaraan modern. Dinamakan sekring tancap karena pemasangannya dengan cara ditancapkan.

"Untuk sekring motor, sekarang sudah semuanya menggunakan sekring tancap, sama seperti punya mobil," kata Wahyudi.

Sekring tancap memiliki berbagai warna yang berbeda sesuai dengan kapasitasnya. Berikut arti warna pada sekring tancap sesuai dengan spesifikasinya:
Oranye - 5 Ampere (A)
Merah - 10A
Biru - 15A
Kuning - 20A
Bening atau ungu - 25A
Hijau - 30A

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/05/152500115/mengenal-jenis-jenis-sekring-motor-dan-arti-warnanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke