Salin Artikel

Mudik Dilarang, Pemerintah Cegah Kendaraan Pribadi dan Umum Melintas di Zona Merah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik Lebaran 2020, guna mencegah penyebaran virus corona alias Covid-19 lebih luas.

Keputusan tersebut disampaikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dalam rapat terbatas melalui video conference, Selasa (21/4/2020).

Seiring dengan hal ini, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menyatakan, bahwa pihaknya sudah menyiapkan skema dan aturan pelaksanaan larangan mudik.

"Skemanya pembatasan lalu lintas. Kendaraan angkutan umum, kendaraan pribadi, sepeda motor, tidak boleh keluar masuk zona merah (yang sudah menerapkan PSBB)," katanya di keterangan tertulis.

Atas dasar tersebut, nantinya di setiap akses keluar masuk wilayah bakal dipersiapkan check point untuk memeriksa setiap orang yang akan keluar masuk Jabodetabek.

Kemudian, berbagai ruas jalan tol juga berkemungkinan untuk ditutup. Namun informasi lebih jauh mengenai teknis mudik tahun ini akan dirumuskan dalam regulasi lanjutan.

"Draft regulasinya nanti kita siapkan kalau memang keputusannya sudah putus. Seperti skema untuk kendaraan umum dan pribadi, dan sebagainya," kata Budi.

Adapun sanksi bagi masyarakat yang nekat mudik, Budi menyatakan bahwa bakal terkena sanksi sesuai Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/21/131111715/mudik-dilarang-pemerintah-cegah-kendaraan-pribadi-dan-umum-melintas-di-zona

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.