Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Manhauler, Spesies Kendaraan Niaga di Area Tambang

BOGOR, KOMPAS.com – Kendaraan niaga banyak spesies alias jenisnya, bisa direkayasa sesuai kebutuhan. Salah satu yang unik dan belum banyak diketahui orang pada umumnya adalah, manhauler, kendaraan niaga yang beroperasi di area pertambangan. 

Kendaraan ini tergolong tangguh, karena wajib mampu melibas jalan yang tergolong buruk. Maklum akses menuju area pertambangan kondisinya sudah pasti offroad dan terjal, bukan aspal, apalagi kalau basah, bisa licin.

Biasanya pikap kabin ganda dengan sistem gerak four wheel drive (4x4) menjadi kendaraan operasional di area tambang. Manhauler, adalah kendaraan berat yang direkayasa untuk mengangkut karyawan di area pertambangan.

Manhauler dipilih karena bentuk sasis awalnya yang memang untuk kondisi jalan yang berat dan bisa melintasi segala medan.

Lalu bagaimana model manhauler yang ada di Indonesia?

Winston Wiyanta, Managing Director Karoseri Delima Jaya, pabrik kendaraan khusus, mengatakan, modelnya seperti truk dengan tambahan kabin yang diletakkan pada bagian belakang.

“Model kepala truknya tetap standar, karoseri membuat bodi belakangnya untuk membawa penumpang. Spesifikasi bodi yang dibuat juga tidak sembarangan, harus dengan material yang tahan banting,” ucap Winston kepada Kompas.com, Jumat (3/4/2020).

Spesifikasi yang dibuat seperti struktur rangka yang kuat dan tersertifikasi roll over protection structure (ROPS). Lantai dek menggunakan marine wood yang tahan air dengan sistem pembuangan. Bodi dibuat dari alumunium agar awet dan tidak berkarat.

“Tambahan dari karoseri seperti kursi penumpang yang dilapisi anti karat, lampu sorot, rotator, alat pemadam, pengecetan bodi dengan cat khusus yang minim perawatan, dan penambahan bemper bull bar pada bagian depan dan belakang dan masih banyak lagi,” kata Winston.

Pilihan sasis yang digunakan tentunya yang bisa offroad dengan pilihan penggerak roda 4x4, 6x4, dan 8x4. Selain perbedaan di roda yang bergerak, ukuran dimensi kendaraan dan jumlah kapasitas penumpang juga berbeda.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/04/090200415/mengenal-manhauler-spesies-kendaraan-niaga-di-area-tambang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke