Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gaikindo Ikut Pantau Virus Corona, Pengaruh ke Jualan Mobil?

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), belum melakukan penyesuaian terhadap proyeksi penjualan dan produksi mobil di Tanah Air. usai pengumuman virus corona yang mulai menjangkit Indonesia.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menyatakan, saat ini pihaknya masih akan melihat dampak secara luas terhadap virus mematikan tersebut. Pasalnya, corona tidak berpengaruh secara langsung kepada industri otomotif.

"Virus corona baru saja masuk Indonesia, jadi kita tidak tahu dampaknya akan seberapa luas. Namun sejatinya tidak mempengaruhi secara langsung pada industri otomotif, tapi ke sektor-sektor pendukungnya. Kita masih lihat dulu perkembangan isu ini seperti apa," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Adapun target penjualan tahunan roda empat nasional, lanjut Nangoi, masih belum direvisi. Yaitu, 1.030.000 unit atau naik 5 persen dibanding realisasi penjualan pada 2019.

"Belum ada perubahan karena kami akan lihat dahulu ke depan seperti apa. Termasuk pameran GIICOMVEC 2020, saat ini masih sesuai jadwal yang ditetapkan. Untuk diketahui, produksi kendaraan kini masih stabil," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa virus Corona telah masuk Indonesia. Dua orang warga Depok, Jawa Barat, positif terinfeksi virus usai bertemu dengan seorang berwarga negara Jepang pada Februari 2020 lalu.

Virus corona sendiri berawal dari Wuhan, China pada akhir 2019. Berdasarkan informasi terkini, wabah tersebut telah menembus 73 negara dengan korban meninggal 3.117 jiwa. Sementara total kasus infeksi mencapai 90.872 kasus.

Dampak dari virus corona sendiri telah melumpuhkan sebagian banyak bisnis dan industri China, khususnya otomotif, sehingga membuat pasokan komponen terganggu.

Virus ini juga membuat berbagai ajang otomotif di 2020 terpaksa ditunda pelaksanaannya seperti, Grand Prix Formula One China, Beijing Motor Show, Geneva Motor Show, sampai MotoGP Thailand dan Qatar.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/03/170100515/gaikindo-ikut-pantau-virus-corona-pengaruh-ke-jualan-mobil-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke