Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penjelasan Resmi soal Pembatalan MotoGP Qatar

JAKARTA, KOMPAS.com - Seri perdana MotoGP 2020 yang akan berlangsung di Losail, Qatar, pada akhir pekan ini, resmi dibatalkan. Keputusan ini diambil menyusul dampak penyebaran virus corona atau Covid-19.

Pemerintah Qatar mulai memberlakukan pengetatan bagi wisatawan mancanegara, terutama pendatang dari Italia. Semua orang yang datang dari Italia atau telah berada di sana selama dua pekan terakhir, akan masuk karantina selama 14 hari.

Menyusul dari pengumuman sebelumnya, CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta, akhirnya ikut memberikan pernyataan resmi mengenai pembatalan MotoGP Qatar dan penundaan seri kedua di Thailand pada 22 Maret mendatang.

"Selama akhir pekan lalu, situasinya banyak berubah, kemudian kami menerima indikasi dari pihak berwenang karena situasi Italia dan suluruh dunia semua orang berkebangsaan Italia atau penduduk Italia yang tiba di Qatar perlu memastikan mereka belum di Italia selama 14 hari terakhir," kata Ezpeleta yang disitat dari Crash.net, Selasa (3/3/2020).

Meski ada kejadian tersebut, Ezpeleta menegaskan bila hal ini tak berarti orang Italia dilarang masuk Qatar. Dia menegaskan siapa pun yang telah berada di Italia selama 14 hari terakhir disarankan untuk dikarantina lebih dulu di Qatar.

Adanya kebijakan itu yang membuat akhirnya seri perdana MotoGP Qatar dibatalkan. Tapi untuk Moto2 dan Moto3 yang telah mulai melakukan pengujian, dimungkinkan untuk tetap melanjutkan kompetisi.

Sementara untuk gelaran di Thailand sendiri, Ezpeleta menjelaskan, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi sepanjang akhir pekan lalu.

Namun dipastikan untuk Thailand tidak terkait dengan masalah orang Italia atau siapapun dari negera lain yang pergi ke sana.

"Ini tidak terkait dengan orang Italia atau siapa pun dari negara lain yang pergi ke Thailand, itu karena mereka telah memutuskan untuk membatalkan acara besar dengan jumlah penonton yang besar. Ini beda situasi dengan Qatar, jadi kami memutuskan untuk menunda Grand Prix Thailand dan mencoba mencari tanggal di akhir tahun untuk memungkinkan GP," ujar Ezpeleta.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/03/120200315/penjelasan-resmi-soal-pembatalan-motogp-qatar-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke