Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Corona Mulai Menjangkit, Ojek Online Diminta Sediakan Masker Gratis

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi driver ojek online (ojol) yang tergabung dalam Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia meminta aplikator kembali menyediakan masker khusus kesehatan gratis untuk pengemudi dan penumpang.

Ketua Presidium Nasional Garda Indonesia, Igun Wicaksono mengatakan, langkah tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 atau corona. Terlebih, kini sudah ada dua orang warga Indonesia yang positif terkena virus.

"Virus corona dapat menyebar melalui interaksi melalui udara yang dapat saja terjadi di mana pun, hendaknya perlu diantisipasi sejak awal khususnya pada kota-kota besar seperti DKI Jakarta. Kemudian bagi seluruh rekan tetap waspada tetapi tenang dan jangan panik," katanya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (2/3/2020).

"Ketersediaan masker khusus kesehatan juga merupakan bentuk tanggungjawab dari aplikator terhadap mitra pengemudi maupun pengguna aplikasi," ujar Igun.

Pada kesempatan sama, ia juga meminta aplikator (Gojek dan Grab) memberikan informasi perkembangan dan antisipasi penyebaran virus corona melalui perangkat aplikasi ke akun pengemudi dan pelanggan.

"Adapun langkah antisipatif yang bisa dilakukan rekan-rekan saat ini adalah menjaga kebersihan diri selama aktivitas mulai dari kendaraan yang digunakan, atribut dan pakaian, sampai ponsel," kata Igun.

Kemudian, para pengemudi ojol juga diharapkan mengonsumsi vitamin tambahan dan rajin mencuci tangan dengan sabun anti kuman atau hand sanitizer sebelum bersentuhan dengan keluarga atau menyantap hidangan.

"Tindakan pencegahan itu lebih baik walau sedikit merepotkan. Ojol juga patut bertanggung jawab atas kesehatan diri sendiri, keluarga maupun masyarakat sekitar, khususnya pelanggan maupun penumpang. Kita juga mengharapkan pemerintah memperhatikan nasib ojol karena aktivitas pekerjaannya di ruang terbuka," ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/03/072200615/corona-mulai-menjangkit-ojek-online-diminta-sediakan-masker-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke