Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda Berburu Siswa dan Guru Terbaik di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai wujud konsistensi kontribusi di dunia pendidikan, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar kompetisi Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School.

Kompetisi ini merupakan penyelenggaraan yang ke-10, dan melalui ajang ini, AHM tak hanya mencari siswa tapi juga tenaga pengajar terbaik dari SMK binaan Astra Honda di seluruh Indonesia.

Ajang tahun akan dihelat pada 14-17 Oktober 2019 yang akan diikuti oleh 40 siswa terbaik yang disaring dari 23.371 siswa dan 27 guru terbaik dari 422 guru di berbagai wilayah di Tanah Air.

Sebelum berkompetisi di tingkat nasional, para peserta telah mengikuti berbagai tahap seleksi terlebih dahulu di tingkat sekolah dan regional sejak Januari-Agustus 2019.

Pada tahap seleksi tingkat regional, AHM bekerja sama dengan 27 jaringan main dealer dari 34 provinsi di Indonesia untuk mencari siswa serta guru terbaik dari 686 SMK yang telah mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Tahap seleksi di tingkat sekolah terdiri dari ujian tertulis, praktek, dan troubleshooting untuk mengetahui kemampuan mereka dalam menganalisa serta menyelesaikan permasalahan pada sepeda motor Honda. Para siswa diuji berdasarkan kurikulum TBSM Honda yang mereka pelajari di semester satu sampai empat.

Sementara untuk guru, diuji berdasarkan pemahaman modul dasar dan modul lanjutan yang diberikan AHM. Para peserta juga diuji pengetahuan terkait teknologi terbaru Honda yang dapat diakses melalui portal online e-Learning atau edukasi.satuhati.id.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin, mengatakan kompetisi AHSC for Vocational School merupakan bagian dari upaya AHM untuk berkontribusi meningkatkan mutu pendidikan vokasi industri di Indonesia.

"Kami berharap berbagai tahap seleksi yang digelar di tingkat sekolah, regional, hingga tingkat nasional dapat menghasilkan kualitas SDM unggul dari siswa maupun guru terpilih dari SMK binaan AHM di seluruh Indonesia," ujar pria yang akrab disapa Muhib dalam siaran resminya, Rabu (9/10/2019).

Lebih lanjut Muhib juga berharap ajang kompetisi ini bisa membantu pemerintah menyiapkan generasi muda yang siap bersaing dalam menghadapi perkembangan teknologi mesin sepeda motor di Indonesia, serta para tenaga ajar yang mumpuni dan berkualitas.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/10/09/194300615/honda-berburu-siswa-dan-guru-terbaik-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke