Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari Kecelakaan, Truk Wajib Periksa Ban dan Rem Sebelum Berangkat

JAKARTA, KOMPAS.com – Insiden tabrakan yang melibatkan truk belakangan ini sering terjadi. Beberapa faktor teknis disinyalir jadi penyebab mudahnya truk terlibat dalam kecelakaan.

Isdanarto, Competence Development Head PT Wahana Inti Selaras (Volvo Trucks Indonesia), yang sering memberikan pelatihan kompetensi berkendara kepada para sopir truk, mengatakan kecelakaan bisa terjadi karena abai melakukan inspeksi harian.

“Di tempat kami hal itu menjadi faktor penilaian penting. Inspeksi harian misalnya mengecek lampu-lampu, kelengkapan surat-surat berkendara, rem dan ban, semua dicek secara kasat mata,” ujarnya saat ditemui Kompas.com belum lama ini.

Pengecekan bagian kaki-kaki menjadi salah satu hal terpenting, sebab menurutnya banyak sekali kasus kecelakaan truk karena rem blong atau ban pecah.

“Pengecekan rem dengan melihat kampas rem sudah tipis atau belum, kalau sudah tentu harus segera diganti. Sementara pengecekan ban paling mudah dengan selalu memantau tekanan angin sesuai anjuran,” terang Isdanarto.

Menurutnya, kejadian pecah ban biasanya terjadi karena faktor ban kurang angin. Selain itu, penting juga melihat kembangan ban. Apabila sudah tipis, tentu wajib dilakukan penggantian.

“Ban truk umumnya diganti setiap tiga bulan sekali, hal ini dipengaruhi muatan, permukaan jalan yang dilalui juga pengaruh sekali. Kalau di on road usia ban bisa sampai 80.000 Km, itu kalau jalan setiap hari selama tiga bulan,” ungkapnya.

Sementara itu soal ban vulkanisir, Isdanarto mengatakan bahwa hal tersebut merupakan solusi yang lebih efisien dibanding mengganti dengan ban yang baru. Namun ia tidak begitu merekomendasikan penggunannya, sebab tidak ada standarisasi ban vulkanisir.

“Ban vulkanisir saya sebetulnya belum pernah mengetes, tapi kalau ditanya aman atau tidak, menurut saya tergantung pengerjaan vulkanisirnya seperti apa,” tutupnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/09/09/164200715/hindari-kecelakaan-truk-wajib-periksa-ban-dan-rem-sebelum-berangkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke