Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Copot Rem Depan Motor | Harga Skutik | Aturan Mobil Transmisi Matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Peristiwa kecelakaan yang terjadi usai Lebaran 2019 di sejumlah daerah cukup beragam. Mulai sepeda motor yang mengalami rem blong ketika di jalan menurun, hingga meninggal sopir Suzuki Ertiga karena kurang menguasai mobil bertransmisi matik.

Sajian berita tersebut langsung menjadi lima besar terpopuler di kanal Otomotif pada Selasa 11 Juni 2019. Penasaran, berikut ini lima berita terpopuler:

1. Pemotor Ini Kecelakaan Akibat Mencopot Rem Depan

Alhasil, jika kondisi kendaraan itu tidak prima Anda bisa mengalami masalah, termasuk kecelakaan lalu lintas. Salah satu yang lagi viral di media sosial, yaitu terkait peristiwa kecelakaan di turunan Gotean, Pacet, Mojokerto.

Sepasang kekasih yang mengendarai Honda CB150RR menjadi korban rem blong turunan legendaris itu. Beruntung nyawa kedua orang masih bisa terselamatkan berkat karung pasir penyelamat yang disediakan masyarakat sekitar.

Baca selengkapnya: Pemotor Ini Kecelakaan Akibat Mencopot Rem Depan

2. Simak Daftar Harga Skutik 150-250 cc Bulan Ini

Berdasarkan daftar harga bulan ini, terdapat perubahan banderol yang dilakukan oleh Honda pada Forza. Bulan lalu skuter premium berkubikasi mesin 250 cc itu dijual Rp 79,5 juta, bulan ini menjadi Rp 81,727 juta

Baca selengkapnya: Simak Daftar Harga Skutik 150-250 cc Bulan Ini

3. Pahami Aturan yang Benar Ketika Menyalakan AC pada Mobil

Menurut Yanto, mekanik bengkel spesialis AC di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan, saat mobil melaju dengan RPM mesin tinggi, komponen yang bernama pulley juga menghasilkan putaran tinggi. Komponen itu selalu berputar ketika mesin mobil hidup atau nyala.

Jika AC dinyalakan saat RPM tinggi, maka pulley juga putarannya tinggi. Hal ini akan mengakibatkan gesekan antara pressure plate dengan pulley.

Baca selengkapnya: Pahami Aturan yang Benar Ketika Menyalakan AC pada Mobil

4. Tips buat Sopir Pemula yang Bawa Mobil Transmisi Matik

Sebagai bukti, banyak kecelakaan yang terjadi akibat pengemudi yang salah atau tidak paham dalam mengendarai mobil transmisi otomatis. Contoh terakhir seperti kejadian Suzuki Ertiga masuk ke dalam sungai di Surabaya, kejadian itu diduga karena sopir kurang paham mengoperasikan mobil transmisi matik.

Baca selengkapnya: Tips buat Sopir Pemula yang Bawa Mobil Transmisi Matik

5. Sopir Wajib Paham soal Prosedur Mengoperasikan Mobil Transmisi Matik

Menanggapi hal tersebut, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, kerap terjadi mobil transmisi matik "nyelonong" baik maju ke depan atau belakang karena pengemudi salah dalam menerapkan prosedur awal.

Baca selengkapnya: Sopir Wajib Paham soal Prosedur Mengoperasikan Mobil Transmisi Matik

https://otomotif.kompas.com/read/2019/06/12/060300515/-populer-otomotif-copot-rem-depan-motor-harga-skutik-aturan-mobil-transmisi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.