Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilih Ban Motor Custom Sesuai Aliran

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap aliran dalam modifikasi sepea motor alias custom memiliki pakem-pakem tertentu. Tujuannya agar tampilan tetap enak dipandang dan serasi dari atas sampai bawah. Salah satu faktornya, pemilihan ban yang tepat sesuai dengan gaya modifikasi.

"Modifikasi itu bukan sekedar gaya-gayaan, melainkan sudah menjadi gaya hidup. Maka ban juga menjadi faktor penentu biar enggak salah aliran alias keluar dari pakem. Agar ban masih satu aliran atau serasi dengan konsep yang diusung," ucap Indra Syakti, selaku pemilik toko ban Neobursa di Jagakarsa, Jakarta Selatan, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Aliran modifikasi atau custom seperti japstyle, bradstyle, cafe racer, street tracker, board tracker, chopper, bobber, dan lainnya itu tentu memiliki pakem tertentu dalam pemilihan ban. Ada banyak pilihan ban dari berbagai merek yang dapat diaplikasikan.

"Di Indonesia sendiri, umumnya pengguna motor custom banyak yang menggunakan ban-ban dengan merek seperti Firestone, Shinko, dan Avon. Harganya bervariasi untuk tiap tipenya," ujar Indra.

Simak tiga merek ban impor yang kerap dijadikan pilihan bagi pemilik motor custom demi menunjang penampilannya:

1. Firestone
Ban yang berasal dari Taiwan ini lebih cocok diaplikasikan pada motor-motor custom beraliran chopper. Karakter ban ini, biasanya punya dinding lebih tinggi dari ban ukuran standar. Tulisan dengan kelir putih atau ditambahkan white wall, bisa menambah kesan retro tampilan motor secara keselururan.

Ulir pada tapak ban juga terasa lebih sederhana, garis lurus, atau zig-zag di sekeliling permukaan yang bersentuhan dengan aspal. Tersedia tipe Deluxe Champion, Coker Diamond Tread, dan Ribbed Dirt Track.

2. Shinko
Ban yang satu ini termasuk yang paling digemari oleh builder dan juga pecinta motor custom. Pasalnya, harganya relatif terjangkau dan kualitasnya cukup bagus. Ban jenis ini bisa digunakan pada motor custom beraliran café racer, street tracker, bobber, chopper, dan lainnya.

Bentuknya yang seperti donat saat terpasang di pelek banyak dipakai para builder dengan konsep no rules alias di luar pakem. Untuk tipenya sendiri, ada E240 yang berbentuk agak kotak dan E270 dengan model membulat.

“Untuk yang modif aliran dual purpose, bisa juga pakai tipe E705 atau SR 426. Tersedia ukuran 120-17, 150-17 dan sampai size lingkar roda 19,” tambahnya.

3. Avon
Ban merek ini banyak dipakai di motor-motor besar seperti Harley-Davidson. Ban ini sendiri terdiri dari tipe Avon Speedmaster, SM MK-II Series, Avon Roadrunner, dan Avon Roadrider. Ukuran yang tersedia, yaitu dari lingkar roda 16-21 inci.

Dari keempat tipe tersebut, yang paling populer adalah tipe SM MK-11 dan Speedmaster. Ukuran profil ban tersebut dari 5.00-16, 4.00-18 dan 4.00-19. Ban ini cocok dipakai motor yang berkonsep bobber dan chopper.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/04/04/090200815/pilih-ban-motor-custom-sesuai-aliran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke