Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modal Lotion, Bikin Warna Dasbor dan "Door Trim" Tak Mudah Kusam

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama halnya dengan ekterior, interior mobil juga membutuhkan perawatan. Dari beragam sektor pada kabin mobil, salah satu yang kerap luput dari perawatan adalah bagian dasbor dan door trim.

Pada umumnya, hampir setiap mobil baru baik door trim dan dasbor kini dibuat menggunakan material plastik. Seiring dengan penggunaan kendaraan, sering ditemui ada sebagian yang warnanya mulai kusam, padahal dari segi usia kendaraan belum terlalu lama.

Selain karena kurang perawatan, menurut Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Salemba, salah satu penyebabnya juga akibat sengatan sinar matahari, terutama pada bagian dasbor.

"Biasanya warna pudar itu pada bagian atas kemudi, karena sektor itu yang sering terjemur matahari baik saat parkir atau pun ketika sedang berkendara. Kebersihan dasbor juga perlu di jaga, karena biasanya debu suka bersarang di sela-sela kompartemen atau bagian sisinya," kata Suparna kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk masalah perawatan, menurut Suparna tidak terlalu sulit dilakukan sendiri. Apalagi sambil mengisi waktu liburan tahun baru seperti saat ini.

"Kalau mau yang gampang bisa menggunakan body lotion. Caranya jangan langsung tuang ke dasbor, tapi oleskan dulu ke kain, baru digosokan. Sifat body lotion bisanya memiliki perlindungan dari sinar matahari dan sebagai pelembab, jadi tidak masalah digunakan," kata Suparna.

Suparna mengingatkan usai dioleskan ke seluruh permukaan, usahkan untuk langsung mengosoknya dengan lap kering yang halus. Hal ini berfungsi agar sifat lengket pada body lotion hilang, sehingga debu dan kotoran tidak mudah singgah.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/01/01/103200215/modal-lotion-bikin-warna-dasbor-dan-door-trim-tak-mudah-kusam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke