Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingat Lagi Bahaya Pakai Payung saat Naik Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Foto yang lagi viral di media sosial, yaitu salah satu pengendara ojek online memasangkan penutup seperti payung. Secara tujuan, memang untuk melindungi pengendara dan penumpang dari terik sinar matahari atau hujan.

Namun, jika bicara dari aspek keselamatan, tentu saja itu tidak aman. Apalagi payung itu bukan yang diproduksi oleh pabrikan motor tersebut, melainkan dibeli secara terpisah.

Apabila melihat dari gambar yang beredar, menurut Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center sudah pasti sangat berbahaya.

Pertama, kata Marcell windshield tanpa wiper akan membahayakan, karena terkena debu, hujan, dan serangan serta distorsi visual dan plastiknya akan menjadi penghalang visibilitas yang membahayakan.

Kedua, drag force yang dihasilkan sepertinya akan besar, yang bisa berakibat pada berkurangnya stabilitas kendaraan itu sendiri.

"Saya belum tahu belakangnya itu ada lubang atau tidak. Jelas berbahaya," ucap Marcell kepada Kompas.com, Rabu (26/9/2018).

Alasannya bisa jadi kurang pengetahuan soal kendaraan, lalu lintas, dan empati di jalan raya.

"Itu sebenarnya begini, pastinya orang-orang semacam itu gampang diindikasikan di jalan juga gampang dimonitor karena pakai payung. Tapi ini enggak berlogika, jadinya situasi berbahaya buat sekitarnya,” ucap Jusri beberapa waktu lalu.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/09/27/100200515/ingat-lagi-bahaya-pakai-payung-saat-naik-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke