Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sulit Mendeteksi Odometer Digital Pernah Diakali

Di pasaran sudah tersedia alat khusus dengan perangkat lunak spesifik buat mengubah odometer digital, pelaku jasanya pun bisa dicari. Salah satu metodenya via colokan OBD (On Board Diagnostic). 

Mengubah angka jarak tempuh pada odometer menjadi lebih kecil tentu saja menguntungkan penjual mobil bekas (mobkas) sebab harga jualnya jadi bisa dikerek lebih tinggi. Buat pembeli pasti merugikan karena harga mobkas tidak sesuai usia pakai dan mengganggu jadwal servis berkala.

Chief Operating Officer Mobil88 Halomoan Fischer Lumbantoruan mengatakan konsumen tidak bisa mengetahui odometer digital sudah pernah diakali atau belum. Hal itu, ditambah keuntungan besar buat penjual, bikin praktek manipulasi odometer mobkas sangat sulit dihilangkan.

“Waktu jaman belum digital lebih enak memantaunya. Odometer mekanis itu memutarnya seperti dikorek, pakai obeng. Jadi kalau kita jeli, itu pasti kelihatan bekasnya, entah angkanya geser atau baret,” kata Fischer, di Jakarta, Senin (11/12/2017).

Baca: Digempur Diskon Mobil Baru, Mobil88 Turunkan Harga

Satu-satunya cara mengetahui odometer digital pernah diakali menggunakan riwayat servis berkala dari bengkel resmi. Meski begitu Fischer mengatakan ada kendalanya, yakni jika mobil tidak selalu servis di bengkel resmi. Solusi dari Fischer buat masyarakat, yakni membeli mobkas di tempat terpercaya. 

https://otomotif.kompas.com/read/2017/12/12/100200915/sulit-mendeteksi-odometer-digital-pernah-diakali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke