Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tokyo Motor Show Itu Pameran Industri, Bukan Jualan Mobil

Tokyo, KompasOtomotif – Tokyo Motor Show 2017 merupakan ajang dua tahunan yang diselenggarakan guna menunjukkan teknologi mobilitas di masa depan. Kalau pameran otomotif di Indonesia pasti identik dengan transaksi, tapi kalau di Jepang, TMS itu pameran industri, bukan jualan mobil.

“TMS itu diselenggarakan oleh industri otomotif, bukan distributor. Memang tetap ada penjualan, tetapi sedikit, karena fokusnya adalah industri dan teknologi,” kata Ryohei Uchiki, General Manager, Strategic Planning Department PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) kepada KompasOtomotif, Rabu (25/10/2017).

Japan Automobile Manucaturers Association (JAMA) Inc, sebagai penyelenggara TMS, kata Uchiki, mewajibkan seluruh anggotanya untuk menampilkan teknologi terkini. Ucapan ini memang terbukti, hampir seluruh merek mobil dan sepeda motordi Jepang yang ikut pameran, menampilkan konsep yang syarat teknologi masa depan.

“Tidak ada diskon di Indonesia, karena peserta pameran adalah produsen, bukan distributor. Kalau ada diskon, pihak diler bisa marah nanti ke produsen,” kata Uchiki.

Salah satu pramuniaga merek premium di Indonesia, kepada KompasOtomotif, mengatakan, ketika berjaga di pameran otomotif Indonesia, target utamanya adalah menjual mobil sebanyak-banyaknya. Selain itu, pameran di Indonesia biasanya juga digunakan pihak distributor otomotif untuk menggelontor promo, mulai diskon, cicilan ringan, bunga rendah, paket bonus, sampai undian berhadiah demi merangsang pengunjung beli mobil.

“Kalau GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) itu ibaratnya Lebaran-nya sales. Sudah pasti bisa menjual mobil yang mahal-mahal,” kata pramuniaga yang tak mau disebutkan namanya, belum lama ini.

Bercermin pada ajang GIIAS 2017, Agustus lalu, beberapa merek besar, seperti Lexus, Nissan, Daihatsu, dan Datsun memang menampilkan mobil konsep. Beberapa di antaranya bahkan berstatus world premiere alias baru pertama kali ditampilkan di seluruh dunia. Tetapi, merek peserta lainnya, absen.

https://otomotif.kompas.com/read/2017/10/26/110200915/tokyo-motor-show-itu-pameran-industri-bukan-jualan-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke