Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Jazz Terbaru, Serap Fitur Keamanan Accord

Kompas.com - 13/06/2017, 07:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Tepat satu bulan setelah wajah baru Honda Jazz Hybrid muncul di dunia maya, kini secara terang-terangan giliran versi penyegaran dari Jazz 2018 yang dipamerkan. Meski diklaim memiliki sentuhan baru, namun sekilas nampak tidak ada yang berbeda dengan model sebelumnya.

Sektor depan masih terlihat sama, namun dilansir dari Carscoop, sebenarnya ada revisi yang dilakukan Honda. Secara detail bisa dilihat dari bentuk kisi-kisi, bentuk bumper yang lebih kalem dengan perubahan pada bagian ujung, dan juga headlamp-nya. Agar makin segar, Honda pun menambahkan dua kelir baru, yaitu Helios Yellow Pearl dan Orange Fury.

Baca : Lebih Detail dengan Honda Jazz "Facelift" Hibrida

Tidak hanya revisi desain dan warna, Honda Jazz 2018 juga hadir dengan tambahan varian Sport terbaru yang mengisi celah antara LX dan EX. Perbedaan besar pada model Sporty ini terlihat dari bentuk sistem aerodinamis serta splitter depan yang lebih tajam, knalpot dengan lapisan krom, emblem Sport, serta pelek berdimensi 18 inci.

Selain eksterior, Honda Jazz juga hadir dengan beberapa fitur baru, yakni Honda Sensing. Teknologi ini merupakan gabungan dari beberapa fitur modern terbaru, yakni Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAP), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation, Road Departure Warning, dan juga Adaptive Cruise Control (ACC).

Collision Mitigation Braking System berfungsi memberikan peringatan dan mengaktifkan rem secara bertahap saat sensor menilai adanya potensi benturan dengan kendaran depan, Lane Keeping Assist System mendeteksi garis jalan atau marka jalan yang akan dikolaborasikan bersama kamera Road Departure Mitigation untuk memberikan peringatan aktif berupa audio dan roda kemudi bergetar.

carscoops.com Honda Jazz Facelift 2018 bertabur fitur keamanan.
Saat pengemudi gagal bereaksi, mobil akan mencoba untuk mengarahkan kembali ke jalur tersebut secara otomatis, dan saat kendaraan menyimpang terlalu jauh saja, mobil akan secara otomatis mengaktifkan rem.

Baca : Honda Jazz "Hybird" Meluncur di Malaysia

Adaptive Cruise Control berguna untuk membaca jarak kendaaran di depan. Sistem secara otomatis mengatur laju mobil lewat kontrol gas dan rem agar tetap berada pada jarak aman. Saat aktif ACC membuat mobil seperti stabil membuntuti kendaraan di depan, layaknya fitur yang digunakan pada New Accord. 

Sayangnya, sampai berita ini muncul Honda masih enggan mengungkapkan informasi detail dari Jazz 2018, termasuk soal besaran harga jualnya. Namun rencananya, hatchaback ini akan mulai dipasarkan pada Juli 2017 ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com