Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Truk Sedang ”Hot”, Hino Keruk Untung

Kompas.com - 07/06/2017, 12:28 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pasar kendaraan komersial sedang menanjak awal 2017. Hal ini terutama dirasakan pada segmen-segmen gemuk seperti truk kategori III (medium duty truck) dan truk kategori II (light duty truck).

Sepanjang Januari-April 2017, dua segmen tersebut mengalami peningkatan penjualan jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pasar medium duty truck terekam naik 50 persen, dimana tahun lalu terjual 5.289 unit, sedangkan tahun ini berkembang menjadi 7.909 unit.

Lalu, segmen di light duty truck, pasar juga terkerek 14 persen ke angka 20.087 dari tahun sebelumnya yang tercatat 17.568 unit penjualan. Dari sana, Hino mendapat imbas positif.

”Kenaikan permintaan kendaraan komersial cukup signifikan tahun ini. Kami pun senang, karena kenaikan penjualan kami di atas kenaikan pasar, yang artinya, produk-produk Hino semakin dipercaya oleh masyarakat di Indonesia,” ucap Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), di Jakarta, (6/6/2017).

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Hino Dutro pelan tapi pasti terus meningkat market share-nya di segmen light duty truk atau truk ringan kategori II.
Market Share
Pada kategori medium duty truck, merek yang bernaung di bawah grup Indomobil itu masih mempertahankan posisinya selama 17 tahun berturut-turut sebagai pemimpin pasar. Sepanjang Januari-April 2017, Hino mengkoleksi penjualan 4.697 unit atau naik 58 persen dibanding periode yang sama tahun lalu (3.084 unit).

Hasil itu membuat Hino Ranger menguasai market share sebesar 60 persen untuk segmen truk Kategori III. HMSI untuk saat ini bisa bernafas lega, karena market share itu naik 1 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, hasil menggembirakan juga terlihat dari segmen light duty truck di mana Hino Dutro meraih market share 22 persen, atau membukukan penjualan 4.407 unit, naik 28 persen dari hasil tahun lalu 3.456 unit pada periode empat bulan pertama. Raihan pangsa pasar itu pun naik 2 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com