Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Dibalik Nama "MPV China" Pesaing Avanza

Kompas.com - 23/05/2017, 09:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Merek China Wuling akhirnya memantapkan diri untuk bersaing di Indonesia, melawan merek Jepang. Tidak tanggung-tanggung, Wuling langsung masuk ke segmen “panas” roda empat, low multi purpose vehicle (LMPV).

Terlepas dari desain, spesifikasi dan fitur, salah satu faktor penentu mobil akan diingat dan diterima masyarakat adalah soal nama. Khusus untuk pasar Indonesia, Wuling menyebut MPV andalannya di sini sebagai Confero S, yang artinya “untuk kebersamaan”.

Cindy Cai, Vice President of Vehicle, Sales, Service, and Marketing Wuling Motors mengatakan, kalau nama tersebut diambil atas dasar riset dan pemahaman Wuling akan nilai budaya Indonesia, yang cenderung mengutamakan kebersamaan. Ini danggap cocok jika disematkan untuk model MPV yang cenderung muat banyak penumpang.

Baca juga : Wuling Confero, “MPV Sejuta Umat” dari China

“Jika Confero adalah kebersamaan, maka huruf ‘S’ dibelakangnya bermakna sport. Nama tersebut cerminan komitmen kami, di mana tidak hanya menghadirkan mobil fungsional dan nyaman digunakan bersama keluarga, tapi juga bergaya elegan dan sporty,” ujar Cindy.

Memang, khususnya di Indonesia sendiri nama disebut sebagai cerminan doa, cita-cita atau tujuan. Konsep ini tidak hanya berlaku untuk manusia saja, tapi juga meluas ke berbagai objek, seperti salah satunya produk mobil.

“Nama Confero S juga merupakan hasil penelitian kualitatif dan kuantitatif Wuling, yang meliatkan calon pelanggan. Mayoritas responden mengatakan, kalau Confero S mencerminkan kesan percaya diri, sporty dan elegan,” tutur Cindy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com