Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercy Rasakan Manisnya Segmen SUV

Kompas.com - 31/03/2017, 08:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Mercedes-Benz Indonesia (MBI) mengaku mendapat angin segar dalam dua bulan pertama 2017. Penjualan sejak Januari dan Februari diklaim naik 13 persen dibandingkan periode yang sama pada 2016 lalu.

Deputy Director Sales Operation MB Cars and Network Development MBI Kariyanto Hardjosoemarto, mengatakan, hasil positif ini menjadi barometer peningkatan pasar otomotif di segmen premium.

"Tahun lalu di waktu yang sama (Januari-Februari 2016) Mercy 444 unit, tahun ini jadi 501 unit. Kalau dilihat secara internal naik 13 persen, tapi untuk market share dan komparasi merek lain kita belum tahu karena masih konsolidasi dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) soal data dan lainnya," kata Kari kepada wartawan di Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Menurut Kari, peningkatan penjualan Mercedes-Benz masih didominasi model sport utility vehicle (SUV). Bila tahun lalu porsi segmen ini 32 persen, pada periode yang sama tahun ini, bisa mencapai 40 persen.

"SUV kita itu GLC, responsnya cukup baik, secara penjualan kontribusinya juga paling besar. Pertumbuhan SUV juga tinggi, saya tidak ingat pastinya, tapi bisa double digit growth-nya. Ini bukan hanya di kita, secara umum tren SUV memang naik," kata Kari.

Otomania/Setyo Adi Mercedes-Benz GCL 250 Exclusive

Sedangkan saat ditanya mengenai potensi pasar premium di 2017, Kari menjelaskan dari tren yang ada saat ini sudah cukup baik. Namun demikian, semua tergantung dari situasi dan kondisi iklim politik.

"Pasar premium itu paling sensitif pada isu politik. Jadi kalau selama tahun ini aman-aman saja, segmen premium di Indonesia bisa tumbuh, apalagi bila infrastruktur nanti sudah berjalan baik," ucap Kari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com