Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sayonara" Honda Monkey

Kompas.com - 29/03/2017, 07:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Setelah 50 tahun beredar, akhirnya Honda memutuskan untuk tidak lagi memproduksi Monkey. Sepeda motor mungil berkapasitas 50 cc ini akan stop produksi pada Agustus 2017 mendatang.

Kabar duka ini disampaikan langsung oleh Chiaki Kato, Presiden Honda Motorcycle Jepang, saat gelaran Tokyo Motorcycle Show 2017.

"Generasi pertama Monkey, Z50M, dipasarkan pada 1967, saat ini usianya sudah 50 tahun. Dengan desain yang menarik dan satu mesin hingga setengah abad, membuat kami kembali memproduksi edisi ke-50 tahun yang menjadi model terakhir," ucap Kato yang dilansir dari ResponseJp.

Lebih lanjut Kato menjelaskan bahwa Honda terpaksa mengakhiri Monkey karena tekait dengan teknologi dan efisiensi biaya. "Mulai tahun ini, kami akan memproduksi motor yang sesuai dengan aturan. Memiliki motor dengan knalpot kecil akan sulit melewati tiga fase regulasi di Eropa," ucap Kato.

.responsejp.com Honda Monkey tidak diproduksi lagi.

Honda memang baru merilis versi 50 tahun Monkey. Desainnya sama sekali tidak berubah, namun sebagai model khusus diberikan beberapa pembeda, contohnya seperti sarung jok bermotif unik dengan gaya sofa serta paduan warna merah dan putih yang menegaskan kesan retro.

Edisi 50 tahun ini menjadi model pamungkas yang mengakhiri masa kejayaan Monkey. Jumlahnya pun sangat terbatas, karena hanya dibuat 1.800 unit saja dan dijual 352.080 yen, atau Rp 41 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com