Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha YZF-R6 Baru, Bertenaga Lebih Jinak

Kompas.com - 27/03/2017, 16:52 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Sumber Paultan

Amerika, KompasOtomotif - Yamaha akhirnya resmi merilis detail tenaga YZF-R6 2017. Motor sport fairing yang muncul pertama kali dalam ajang American International Motorcycle Expo dan EICMA 2016 ini, ternyata memiliki tenaga yang lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya.

Dilansir dari Paultan, R6 2017 datang menggunakan mesin 600 cc empat silinder DOHC. Mesin tersebut mampu memproduksi tenaga sebesar 116,7 tk ada 14.500 rpm dan torsi 61,7 Nm pada 10.500 rpm. Untuk model sebelumnya, R6 memiliki tenaga hingga 122 tk dan torsi yang lebih besar, yakni 65,7 Nm di putaran rpm yang sama.

Meski lebih rendah, tapi R6 terbaru sudah mengusung beragam fitur modern. Mulai dari enam tingkat kontrol traksi, Yamaha Chip Controlled Intake (YCC-I), dan qiuckshifter.

paultan.org Yamaha YZF-R6

Secara desain, R6 generasi baru tampil lebih agresif. Selain dari sasis alumunium terbaru, Yamaha R6 juga sudah mengusung sub-frame magnesium, tangki almumunium dengan kapasitas 17 liter, dan silincer knalpot titanium yang mampu mereduksi bobot beratnya.

Sedangkan untuk instrumen, dibuat dengan model paduan antara analog dan digital. Indikator traction control system (TCS), anti-lock brake system (ABS), dan spidometer bisa diintip melalui layar digital, sedangkan jarum analog sebagai informasi rpm.

paultan.org Yamaha YZF-R6

R6 akan dijual sebesar 12,199 dollar Amerika, atau sekitar Rp 161 jutaan. Sedangkan di Eropa, kabarnya motor ini sudah siap pada April 2017 mendatang dengan harga 13.995 Euro, atau sekitar Rp 200 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Paultan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com