Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW G310GS Terkendala di India

Kompas.com - 14/03/2017, 13:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - BMW Motorrad Indonesia siap meluncurkan deretan motor besarnya (moge) sepanjang 2017. Tapi selain itu, masih satu model lain yang cukup dinanti kehadirannya, yakni G310GS.

Sepeda motor blasteran Jerman dan India ini akan menjadi line-up termurah BMW. Sayangnya, hingga saat ini motor tersebut belum juga hadir, padahal kabarnya sudah tersebar sejak akhir 2016 lalu.

Menanggapi hal tersebut, Chief Executive Officer BMW Motorrad Indonesia Joe Frans, menjelaskan bahwa ada kendala dalam hal produksi yang membuat G310 sampai saat ini belum masuk Indonesia.

"G310GS itu kan dirakit di pabrik orang lain, artinya bukan pabrikan BMW sendiri. Tebakkan saya mereka agak rumit assembly dan memproduksi di pabrik orang lain. Bukan hanya Indonesia, seluruh dunia juga belum ada," ucap Joe kepada wartawan di Jakarta, (13/3/2017).

Tapi saat ditanya mengenai kepastiannya, Joe mengatakan motor hasil kerja sama dengan TVS ini akan tetap dipasarkan dengan brand BMW. Tidak akan menggunakan nama atau brand lain.

autopromag.com BMW G310 GS

"Semua logonya itu kan BMW, jadi tidak mungkin dijual pabrikan lain. Hanya assembly saja yang bukan di pabrik kita, tapi secara komponen semua tetap dari Jerman. Contohnya seperti BMW Seri 3, itu di assembly di mana saja, seperti Thailand dan Indonesia, tapi tetap dijual dengan brand BMW dan tetap made in Jerman," papar Joe.

BMW G310GS dikembangkan bersama salah satu motor sport TVS, yakni Akula 310 di pabrik Bengaluru, India. Menggunakan mesin silinder tunggal berkapasitas 313 cc yang dikolaborasikan dengan transmisi enam percepatan manual, G310 GS diklaim akan memiliki harga yang lebih murah dari model-model BMW lainnya.

"Tetap di bawah Rp 200 juta, tapi untuk pastinya belum tahu. Ditunggu saat launching nanti yah," kata Joe.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com