Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasakan Kabin Senyap Toyota Sienta

Kompas.com - 13/03/2017, 17:36 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Salah satu poin penting yang dipetik pembaca KompasOtomotif dan Otomania.com dalam ajang Sunday Test Drive with Toyota All New Sienta, Minggu (12/3/2017), di kawasan SCBD, Jakarta, adalah kesenyapan kabin. Rata-rata tester mengakuinya, dan ini bisa menjadi poin penting.

Seperti yang dirasakan Hendry Widjaja, pembaca KompasOtomotif dan Otomania.com yang mencoba mengemudikan Sienta beberapa putaran di kawasan SCBD. Dirinya memberikan highlight untuk kesenyapan kabin, karena buatnya, ini adalah kriteria utama membeli sebuah mobil.

Soundproof-nya baik sekali. Ini penting karena kan beberapa kali kita harus berbicara di dalam mobil dengan anggota keluarga. Nggak usah teriak-teriak,” kata Hendry yang berprofesi sebagai pengusaha makanan di Jakarta itu.

Otomania/Setyo Adi Sunday Test Drive bersama All New Toyota Sienta dan Otomania.com
Beberapa kali mobil melewati garis kejut dan jalan tidak rata saat menuju parkiran Lot 7 SCBD, namun Hendry tak begitu terganggu dengan suara yang ditimbulkan. Kesenyapan kabin ini juga dikatakan Hendry mendapat dukungan dengan kenyamanan ketika mengemudikan Sienta.

”Setir enteng, tapi handling oke. Rem juga empuk dan pakem, apalagi ada ABS, jadi merasa aman. Pilar A yang kadang menghalangi, yang ini tidak,” ucap Hendry.

Kendati demikian, ada salah satu kekhawatiran yang terlontar, yakni ground clrearance yang kelihatannya rendah. Dia berharap tidak ada polisi tidur yang ”tergaruk” jika membawa beban lebih berat. Hendry juga merasakan leg room yang kurang leluasa, terutama kaki kiri yang mentok konsol.

Unggul Sagena, pembaca KompasOtomotif dan Otomania.com yang juga menjadi tester dalam acara ini, mengamini soal kesenyapan kabin Sienta. Ketika duduk di kursi belakang, dia juga merasa tidak ada yang perlu dikhawatirkan soal kuatnya peredaman suara pada mobil ini

”Saya membandingkan dengan MPV lain, ini salah satu yang baik kesenyapan kabinnya. Tapi ya kalau mobil Rp 200 juta ke atas pasti diperhatikan (soal soundproof). Suara ban tidak begitu terdengar, cuma jok paling belakang kadang ada suara getaran kalau lewat jalan gelombang,” kata Unggul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com