Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Belum “Pede” Kuasai Pasar Nasional

Kompas.com - 10/03/2017, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Demak, KompasOtomotif – PT Toyota Astra Motor (TAM) berhasil menguasai pasar mobil 2016 dengan cakupan pangsa 36,1 persen. Hasil ini jauh lebih baik jika dibandingkan periode sebelumnya (2015), yakni 31,8 persen. Namun, memandang pasar 2017 dan untuk lima tahun ke depan, TAM belum berani berharap lebih.

Bahkan, dengan hadirnya andalan baru di segmen mobil multi purpose vehicle (MPV) dengan harga murah, Calya, tidak lantas membuat Toyota percaya diri menargetkan penguasaan pasarnya tumbuh lagi.

Henry Tanoto, Vice President Director TAM mengatakan, kalau pihaknya masih mematok target market share di angka minimal 35-36 persen, dan masih ragu bisa tembus mencapai 40 persen, walaupun ditopang dengan Calya, yang bisa mengawal kinerja satu tahun penuh.

Baca juga : Belum Genap Setahun, Toyota Calya Kuasai Pasar 2016

“Target kami inginnya 35 persen market share, untuk penjualan retail kami. Sampai sekarang sih kami belum ada rencana mengubah target (menjadi lebih tinggi). Kalau kami bisa mencapai itu tentu bersyukur (40 persen), tapi kalau kami masih sesuai target awal,” ujar Henry, Rabu (8/3/2017).

“Menurut kami, kalau Toyota masih terus bisa maintain pangsa pasar di atas 35 persen saja sih sudah baik, karena kondisi market akan dinamis,” tutur Henry.

Henry sebelumnya mengakui, kalau model mobil LCGC (Calya dan Sigra) bisa menjadi tulang punggung penjualan di 2017. Performa penjualannya di bulan Januari, disebut Henry, bisa menyamai Avanza, dan di Februari bahkan sanggup lebih unggul sedikit.

“Keduanya (LMPV dan LCGC) bisa jadi akan menopang bisnis kami di 2017 ini,” ujar Henry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com