Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedanya Gigi Mundur Sienta dengan Mobil Lain

Kompas.com - 07/03/2017, 12:02 WIB
advertorial

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Banyak hal yang bisa dieksplorasi pada Toyota Sienta, baik model transmisi otomatis atau manual. Sienta yang dipasarkan di Indonesia punya pilihan transmisi manual dengan enam percepatan dan CVT (continous variable transmission) 7-speed sport sequential shiftmatic.

Satu hal yang paling menarik pada transmisi manual ialah punya enam percepatan. Buat konsumen yang sudah paham tentang mobil, ini tentu tidak masalah. Namun, beda ceritanya bila pengetahuan konsumen soal mobil terbilang kurang.

Tentu perlu edukasi khusus mengenai cara menggunakan mobil. Pada umumnya, transmisi manual hanya lima percepatan dengan gigi mundur (R) ke pojok kanan bawah tepat di bawah gigi kelima.

Namun, ini berbeda dengan Sienta 6-speed, dengan paling kanan bawah menjadi gigi keenam.

Lalu, bagaimana dengan gigi mundur? Caranya mudah, posisi transmisi R ada di pojok kiri atas, sebelah gigi kesatu. Mengoperasikannya juga tetap mudah dan nyaman bagi pengemudi.

Lihat bagian tuas transmisi. Terdapat ring atau menyerupai cincin berwarna senada. Langkah selanjutnya, letakkan jempol tangan kiri di atas tuas, lalu jari telunjuk dan tengah diposisikan pada sekeliling cincin tersebut.

Setelah itu, tarik cincin ke atas, kemudian geser tuas ke arah kiri hingga mentok dan arahkan ke ujung atas. Jika sudah seperti itu, kendaraan multiguna (multi porpose vehicle/MPV) 7-penumpang tersebut sudah bisa berjalan mundur.

Selanjutnya, jika ingin mengembalikan atau memindahkan ke gigi satu, dua, dan seterusnya, caranya pun tetap mudah. Dari posisi R, hanya tinggal diturunkan, lalu diarahkan sesuai dengan kebutuhan pengemudi.

Jika penasaran dan ingin mencoba sendiri fitur-fitur andal Toyota Sienta, ajak keluarga atau teman-teman untuk menghadiri Sunday Test Drive pada 12 Maret 2017 mendatang di Bangi Kopitiam, SCBD, Jakarta Selatan.

Anda dapat merasakan langsung pengalaman berkendara yang berbeda dengan multi activity vehicle tersebut dalam cara yang dipersembahkan oleh Otomania.com dan bekerja sama dengan Toyota Sienta ini. Selain itu tersedia juga berbagai kompetisi seru berhadiah jutaan rupiah.

Daftarkan diri Anda dan nikmati akhir pekan di Otomania.com Sunday Test Drive bersama Toyota Sienta!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com