Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota-Suzuki Resmi Jalin Kerja Sama

Kompas.com - 07/02/2017, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif — Toyota Motor dan Suzuki Motor mengumumkan secara resmi bahwa mereka telah menandatangani nota kemitraan usaha, Senin (6/2/2017). Kali ini keduanya diperkirakan bakal bekerja sama dalam pengembangan teknologi, serta saling memasok produk dan komponen.

Mengutip Nikkei, Senin (6/2/2017), ketika ditanyakan mengenai pendalaman kerja sama hingga menyentuh urusan saham dan urusan modal lainnya, Yasuhito Harayama, Vice Chairman Suzuki, mengatakan itu masih dipertimbangkan. Namun, dirinya tidak secara spesifik memberi tahu kapan.

"Hari ini menandai awal dari kemitraan antara dua perusahaan. Kemitraan ini bukan berarti Toyota yang akan menyelamatkan Suzuki secara sepihak, tetapi lebih kepada win-win solution bagi kedua belah pihak," ujar Harayama.

"Kami akan senang untuk berbagi pengalaman kami di India dan pasar negara berkembang lain, yang sedikit berbeda dari negara yang sudah maju,” ucap Harayama.

Akio Toyoda, Presiden Toyota, menambahkan bahwa Toyota dan Suzuki ingin kerja sama ini memungkinkan semua orang di seluruh dunia bisa merasakan kenikmatan dalam mobilitas. “Saya sangat berterima kasih sudah mendapat kesempatan bekerja sama dengan Suzuki. Toyota berharap untuk belajar banyak,” ujar Toyoda.

Sementara itu, bos besar Suzuki, Osamu Suzuki, menyampaikan bahwa Suzuki akan memberikan kerja maksimal dalam hubungan kemitraan ini. Tujuannya, agar Toyota bisa menyimpulkan bahwa kerja sama dengan Suzuki adalah pilihan yang tepat.

Jika ke depannya Toyota dan Suzuki bakal memperluas hubungannya dengan ikatan modal atau saham, mereka harus berhati-hati agar tidak bertabrakan dengan aturan anti-monopoli (anti-trust). Saat ini, gabungan penjualan Suzuki dan Daihatsu (unit bisnis Toyota) mencapai 60 persen di segmen kei-car (mobil kecil).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com