Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW dan Daimler Tingkatkan Kerja Sama

Kompas.com - 23/01/2017, 09:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Munich, KompasOtomotif — Produsen mobil asal Jerman, Bayerische Motoren Werke (BMW), berencana untuk memperluas kerja sama dengan Daimler (induk dari Mercedes Benz) dalam pembelian komponen. Ini seperti dikatakan oleh Markus Duesmann, Head of Purchasing BMW.

"Kerja sama ini belum sepenuhnya dimanfaatkan, itu pembicaraan biasa dan kami sedang membahas bersama-sama mengenai pembelian lebih banyak komponen lagi pada masa depan," ujar Duesmann seperti dikutip Reuters, Minggu (22/1/2017).

Saat diwawancarai, Duesmann tidak memberikan rincian lebih mengenai rencana atau keuntungan yang akan disasar dari kerja sama keduanya. Pasalnya, yang diketahui masyarakat pencinta otomotif, BMW dan Mercedes Benz satu sama lain merupakan rival sengit.

Daimler dan BMW sebenarnya mulai bekerja sama pada tahun 2008, terkait pembelian komponen-komponen mobil, seperti ban dan rangka kursi. Namun, itu dianggap belum begitu penting, seperti yang bakal dilakukan saat ini.

Duesmann juga mengatakan, BMW harus merancang kembali pengadaan komponen, salah satunya untuk membeli software, demi memenuhi tren mobil listrik dan otonomos, dalam beberapa tahun ke depan. BMW juga memproyeksikan bahwa mereka akan mencari pemasok baterai lain untuk mobil listrik atau hibridanya.

"Kami sedang dalam pembicaraan dengan semua produsen utama, dan akan membuat keputusan untuk model generasi selanjutnya," katanya. Saat ini, BMW hanya memasok baterai dari Samsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com