Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata Xenon XT Bantu Antar Pasien di Pulau Seram

Kompas.com - 27/12/2016, 14:32 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) terus memainkan celah di pasar komersial dengan model terbaru mereka, Xenon XT. Pikap kabin ganda yang diperkenalkan di pameran otomotif pada Agustus lalu itu menggoda pembeli borongan CV Ambulance Pintar Indonesia (API).

API merupakan karoseri spesialis pembuat ambulans. Sebanyak delapan unit telah dibeli lantas dimodifikasi untuk kebutuhan dinas Kabupaten Seram Timur di Pulau Seram, Maluku.

Dalam keterangan resmi dari TMDI, Selasa (27/11/2016), Direktur Utama API Imron Bukhari mengatakan sudah membuktikan kenyamanan, performa, dan efisiensi bahan bakar Xenon XT. Semuanya dikatakan sesuai dengan klaim TMDI.

“Saya kira, dari sisi kenyamanan dan biaya operasional, Tata Xenon XT D-Cab 4x4 sangat cocok untuk dijadikan kendaraan ambulans yang berorientasi pada kenyamanan pasien dan petugasnya. Karena irit BBM dan suspensinya empuk,” ucap Imron.

Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) Pikap kabin ganda Tata Xenon XT.
Imron lanjut mengatakan, awalnya tim Dinas Kesehatan Pulau Seram Timur tidak tertarik dengan Xenon XT. Namun, setelah mencoba mereka positif menjadikan Xenon XT sebagai kendaraan operasional Puskesmas Keliling.

Rute menuju Pulau Seram dari pelabuhan Ambon dikatakan medan sulit yang menghabiskan waktu 18 jam. Khusus di bagian Waipirit, tantangan yang disuguhkan yaitu tanjakan curam selama tiga jam.

"Medan yang berat di Pulau Seram dengan dominasi off-road, jalan berbatu, jalan aspal pegunungan dan tanjakan-tanjakannya yang sangat curam sangat cocok dengan profil Tata Xenon XT D-Cab 4x4 yang dibekali torsi mumpuni dan suspensi yang empuk," kata Wilda Bachtiar, Marketing Manager Commercial Vehicles TMDI. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com