Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Didenda Ratusan Miliar Rupiah di China

Kompas.com - 25/12/2016, 21:38 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Shanghai, KompasOtomotif – Pemerintah China mengumumkan bakal memberikan sanksi denda kepada perusahaan patungan General Motor, dengan perusahaan lokal sebesar 201 juta yuan atau Rp 388,9 miliar. Ini juga mengakhiri spekulasi, akan merek Amerika mana yang sedang dalam investigasi sejak pertengahan Desember lalu.

Pengawas ketentuan harga di Shanghai mengatakan, kalau sanksi yang dikenakan kepada GM dan rekannya SAIC Motor Corp, karena dituduh telah memainkan harga untuk Cadillac, Chevrolet dan Buick.

"GM sepenuhnya menghormati hukum dan peraturan setempat di mana pun kami beroperasi. Kami akan memberikan dukungan penuh bersama rekan kami, dan memastikan semua tindakan yang diambil responsif dan tepat, sehubungan dengan hal ini,” ujar pihak General Motor China mengutip Reuters, Minggu (25/12/2016).

Baca juga : Dua Merek Amerika Terancam di China

Sementara pihak SAIC motor sampai saat ini belum mengkonfirmasi dan menjawab pertaanyan yang diajukan pihak Reuters. Sejak pertama kali kabar ini mencuat (15/12/2016), saham merek asal Amerika General Motors dan Ford Motor merosot, masing-masing 3,2 persen dan 1,4 persen.

Hukuman ini adalam yang pertama kalinya lagi sejak 2011 lalu, di mana pemerintah mulai melakukan investigasi. Saat itu, merek seperti Audi, Daimler Mercedes-Benz, Toyota Motor, dan salah satu dari perusahaan patungan Nissan Motor, pernah menjadi sasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com