Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aki Hibrida Suzuki Lebih Besar dan Mahal

Kompas.com - 15/12/2016, 17:08 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Cara kerja Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) lain dari sistem hibrida kebanyakan. Menurut Harold Donnel 4W Head of Product Development & Accesories Suzuki Indomobil Sales (SIS) sistem SHVS tidak menyimpan energi di baterai tambahan lithium ion.

Sebagai penggantinya, energi listrik disimpan di aki sebab itu ukurannya lebih besar dari normal. Harold menjelaskan aki pada sistem SHVS berukuran 70 Amperehour (Ah). Sebagai perbandingan, aki Ertiga menggunakan 32 Ah.

“Sejauh ini kami mengembangkan khusus, tapi kami lagi mencari produk yang ekuivalen,” ujar Harold, di Bogor, Rabu (14/12/2016).

Selain kapasitasnya lebih besar, Harold juga mengatakan harganya lebih mahal. “Aki konvensional harganya Rp 500.000 – Rp 800.000, kalau yang ini (70 Ah) di kisaran Rp 1,2 juta – Rp 1,4 juta. Bahkan bisa sampai dua kali lipat kalau kualitasnya lebih bagus,” kata Harold.

Rencananya SIS bakal meluncurkan model baru dengan SHVS pada awal tahun depan. Sampai sekarang divisi purna jual SIS sedang mempersiapkan segala sesuatu buat mendukung pemakaian konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com