Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Lain Pakai Stiker Bodi Selain buat Gaya

Kompas.com - 30/11/2016, 11:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Bukan hal aneh jika melapisi bodi mobil dengan stiker merupakan salah satu modifikasi favorit. Pasalnya, cara ini tergolong mudah dilakukan dan cepat menghasilkan perubahan drastis pada penampilan.

Kendati begitu, stiker di bodi mobil sebenarnya punya fungsi lain yang berguna lebih dari sekadar gaya, yaitu melindungi cat. Seperti dikatakan Galih Sugiyanto dari Pacman Sticker, material stiker lebih kuat menerima "luka" ketimbang cat.

“Cat itu kan kalau kena lap kasar sedikit saja bisa baret halus, nah pakai stiker bisa mengurangi luka baret,” kata Galih, Kamis (24/11/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Bagian pilar A, atap, dan belakang tidak ditutup stiker.
Jika dipasang dengan benar, stiker yang digunakan membungkus bodi mobil punya umur pemakaian hingga tiga tahun. Cara perawatannya pun sederhana, tidak butuh pantangan ini-itu.

Baca: Cara Mudah Merawat Stiker Bodi Mobil

Dari penjelasan Galih, secara umum ada dua jenis stiker bodi mobil, yaitu doff dan glossy. Salah satu hal penting untuk diketahui, stiker doff memiliki pori-pori jadi rentan rusak jika menyerap cairan kimia dari obat poles bodi. Sementara itu, stiker glossy jangan dipoles pakai mesin sebab bisa merusak lapisannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com