Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Bahayanya Berkendara Sambil Main Ponsel

Kompas.com - 08/11/2016, 11:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Brussel, KompasOtomotif - Menggunakan telepon genggam atau handphone (HP) saat berkendara merupakan kegiatan yang sangat dilarang. Selain bisa membuat konsentrasi hilang karena pandangan yang tidak fokus, nyawa pun bisa melayang.

Untuk membuktikan bahayanya berponsel saat berkendara, sebuah lembaga pelatihan mengemudi di Brussel, Belgia, melakukan cara unik bagi para peserta pelatihan.

Instruktur mewajibkan peserta latihan untuk mengetik pesan singkat (SMS) sambil berkendara, dengan dalih supaya mereka lulus mendapatkan surat izin mengemudi (SIM).

Tentunya hal ini hanya skenario safety driving untuk menunjukan bahayannya berkendara sambil mengetik pesan di ponsel. Tantangan ini diterima oleh beberapa peserta, dan mereka pun optimis bisa melakukannya.

Tapi setelah dihadapkan dengan lintasan yang berliku, melalui pembatas (cone) jalan yang diletakan di tengah , banyak yang kewalahan untuk menghadapinya.

Peristiwa ini pun diabadikan dalam sebuah video berdurasi 2 menit 14 detik. Banyak peserta yang mengaku sulitnya berkendara sambil mengirim pesan dari ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com