Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Mulai Kirim C-HR dari Turki

Kompas.com - 12/10/2016, 15:11 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Istanbul, KompasOtomotif – Pabrik Toyota Motor di Turki akan mulai mengirimkan C-HR, November, mengutip Nikkei, Rabu (12/10/2016). Dari sini, ekspor akan diakukan ke lebih dari 50 negara, yang utamanya akan terkonsentrasi di wilayah Eropa, Timur Tengah, dan Afrika Utara. Selain itu penjualan di dalam Turki juga akan diperkuat.

Model C-HR yang dihasilkan di fasilitas Toyota di Turki barat, merupakan salah satu bentuk strategi baru di pasar global. Investasi yang digelontorkan untuk meng-upgrade fasilitas itu mencapai 350 juta euro atau Rp 5,03 triliun.

Di lokasi tersebut, rencananya akan diproduksi sekitar 180.000 unit C-HR versi hibrida dan bensin setiap tahunnya. Produsen asal Jepang ini juga akan mengambil keuntungan dari regulasi Turki, terkait dengan meringankan pajak, untuk kendaraan ramah lingkungan.

Pada awal Oktober, pemerintah Turki memberlakukan kebijakan penurunan pajak 45 persen untuk mobil ramah lingkungan, dengan besaran silinder mesin mulai dari 1.6 liter sampai 1.8 liter. Kemudian motor listrik dengan output lebih dari 50kW.

Saat ini pihak Toyota juga sudah melakukan lobi terkait pajak pada kendaraan miliknya tersebut, di mana versi hibrida dari C-HR memenuhi syarat untuk bisa mendapat potongan pajak.

Pasar mobil di Turki terus berkembang berkembang, dengan penjualan mobil penumpang dan kendaraan komersial ringan naik 26 persen menjadi 968.000 unit pada 2015. Keringanan pajak yang diberikan di Turki, akan semakin memberi keuntungan Toyota dalam memperkecil gap harga dengan para kompetitor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com