Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Protes kalau Sigra Dianggap Tidak Aman

Kompas.com - 11/10/2016, 11:51 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Maraknya taksi online berbasis aplikasi di Indonesia, sedikit menambah permintaan akan mobil multiguna bawah (LMPV) terutama tujuh penumpang. Namun, dalam regulasi yang berlaku, mobil untuk taksi (kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek), minimal bermesin 1.300cc.

Dalam pernyataannya, Muslim, Kepala Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UPPKB) Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta mengatakan, kalau ini terkait dengan keamanan dan kenyamanan. LCGC, menjadi salah satu kelompok mobil yang bermesin di bawah 1.300cc, seperti Datsun Go, Datsun Panca, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Toyota Calya, Honda Brio, dan Suzuki Karimun.

Baca: Toyota Satu Langkah Lebih Maju soal Taksi Online

Terkait pernyataan atas regulasi terebut, Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor, tampak tidak terima, jika dikatakan mobil di bawah 1.300cc kapasitas 7-penumpang, seperti Sigra, dianggap tidak aman.

“Jadi pertanyaan tentang regulasi harus ditanyakan ke pemerintah yang membuat kebijakan. Model Sigra dengan mesin 1.200cc sudah mendapat rating bintang 4 (dari 5 rating) asri NCAP (New Car Assesment Program) ASEAN, jadi dari segi keamanan berkualitas global,” ujar Amelia kepada KompasOtomotif, Selasa (11/10/2016).

Baca juga : Jelajah Fitur Keselamatan Daihatsu Sigra

Tidak Berpengaruh

Amelia melanjutkan, kebijakan tersebut, tidak akan mempengaruhi penjualan Sigra. Karena memang target konsumennya adalah bukan taksi online, tetapi keluarga pembeli mobil pertama atau sebagai mobil tambahan. Tidak ada rekaman data juga apakah mobil yang dibeli itu digunakan untuk taksi online atau tidak.

“Tidak ada data untuk penjualan ke taksi online, karena kami menjualnya ke perorangan bukan ke institusi taksi online. Jadi jadi fakturnya menggunakan nama perorangan,” ujar Amelia.

Untuk tujuan berbisnis, tidak dipungkiri kalau pekerja taksi online berupaya untuk mendapatkan mobil dengan harga murah (memperkecil modal), bisa cukup banyak menampung penumpang, dan dengan konsumsi bahan bakar efisien. Selain mobil LMPV, salah satu pilihan terbaiknya adalah mobil LCGC 7-penumpang (Calya, Sigra, Datsun Go+), itupun jika tidak ada pembatasan regulasi mesin untuk taksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com