Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Permanis Wajah “Bebek Super” MX King

Kompas.com - 11/10/2016, 08:02 WIB


Jakarta, KompasOtomotif –
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) berhasil mencuri kemenangan di salah satu segmen seksi, bebek sport kapasitas 150 cc. Lewat andalannya, MX-King, merek garpu tala ini berhasil unggul sepanjang periode Januari-September 2016 dengan penguasaan pangsa pasar cukup signifikan.

Mengacu data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), Yamaha berhasil menjual 6.891 unit MX King pada September saja. Jika diakumulasi sembilan bulan pertama tahun ini, jumlahnya sudah mencapai 55.884 unit.

”Dengan produk yang kami miliki dan diterima baik oleh konsumen, merupakan bukti keberhasilan Yamaha membaca barometer pasar dan ketepatan inovasinya. Tidak hanya di dalam negeri tapi di luar negeri pun MX King digandrungi,” kata Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing YIMM, dalam pernyataan resminya, Senin (10/10/2016) petang.

Kembali mengulik data AISI, model terlaris kedua di segmen bebek sport 150cc, adalah Suzuki Satria FU dengan total penjualan 33.189 unit selama sembilan bulan dan 3.460 unit pada September saja. Sedangkan Honda yang mencoba mengepung pasar lewat duo model, Sonic 150R dan Supra GTR harus puas di peringkat tiga dan empat dengan hasil berurutan 29.471 unit dan 28.498 unit. Untuk bulan kesembilan saja, duo model andalan Honda ini terjual, 3.774 unit dan 3.291 unit.

YIMM Terdapat empat pilihan warna dan striping baru, yaitu Red King, Racing Blue, Drift Black, dan Speedy Silver.

Segmen bebek sport 150cc, memang saat ini hanya dihuni oleh empat model yang saling bertarung. Total pasar yang ditorehkan oleh keempat model dari tiga merek anggota AISI ini, 147.042 unit, periode Januari-September 2016. Maka Yamaha jelas menikmati jatah kue terbesar dengan pangsa pasar 38 persen. Sedangkan, Suzuki menikmati 22,5 persen.

Honda sebenarnya bisa dibilang sebagai penguasa di segmen ini, dengan torehan 39,4 persen pangsa pasar. Tetapi, jatah kue ini diperoleh lewat dua model, sedangkan Yamaha dan Suzuki hanya mengandalkan, masing-masing jagoan tunggal. Sehingga, kalau di pisah, maka pangsa pasar Sonic 150R  adalah 20 persen dan Supra GTR 19,3 persen.

Tampilan Baru

Guna mempertahankan animo konsumen pada MX King, Yamaha juga tak mau lama-lama berpangku tangan. Tanpa perayaan, memperkenalkan MX King dengan warna dan desain striping baru berjuluk “Pride of Street King”. Tema ini diklaim mencirikan pada performance, modern, dan young. Empat warna baru itu adalah Red King, Racing Blue, Drift Black, dan Speedy Silver.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com