Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

V-Kool "Tunggangi" Ace Hardware Perluas Pasar Retail

Kompas.com - 29/09/2016, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomoif — Selain memang sudah disediakan oleh pabrikan melalui pembelian fleet atau sebagai produk original equipment manufacturer (OEM), kaca film mobil juga tersedia di pasar aftermarket atau yang dijual satuan (ritel), jika pemilik mobil ingin menggantinya.

Khusus merek premium V-Kool, kontribusi penjualan borongan atau (fleet) masih mendominasi dibandingkan ritel, dengan persentase 75 persen dan 25 persen. Tidak puas dengan itu, PT V-Kool Indo Lestari distributor V-Kool di Indonesia coba memperluas pasarnya di ritel.

Salah satu langkah yang diambil V-Kool kali ini adalah dengan "menunggangi" salah satu pedagang ritel terbesar di Indonesia, Ace Home Center atau biasa disebut Ace Hardware. Kali ini memang keberadaan outlet V-Kool masih sebatas di lima gerai Ace Hardware. Bukan tidak mungkin, jika mendapat respons baik konsumen, outlet kaca film premium tersebut akan ditambah di gerai-gerai Ace lainnya.

"Melalui kerja sama dengan Ace Hardware ini, (V-Kool) bisa me-reach out konsumen-konsumen yang tidak kami garap di fleet," ujar Lianto Winata V, Buisness Development Director PT V-Kool Indo Lestari, saat menjawab KompasOtomotif, Rabu (28/9/2016).

Lianto mengatakan, dirinya tidak berbicara mengenai target omzet. Namun, harapannya, paling tidak, ada sales atau transaksi penjualan di outlet V-Kool di Ace Hardware. Ini semua masih tahap awal dan semua masih perlu dipantau, serta evaluasi lagi untuk ke depannya.

“Kalau soal omzet, belum berani berbicara saya. Namun, paling tidak, ada exposure yang bagus dan ada sales. Ini semua masih dipantau dan dievaluasi, customer feedback-nya seperti apa, agar kami bisa improve. Namanya masih permulaan, ini masih akan terus kami sempurnakan lagi,” ucap Lianto.

Lianto mengatakan, target kasar yang dipatok dalam kerja sama ini adalah adanya sedikit peningkatan pangsa pasar di sektor ritel V-Kool. Sampai akhir tahun ini, peningkatan pangsa pasar setidaknya akan bertambah 5 persen sampai 10 persen.

“Jadi kami mengharapkan ada penambahan 5 persen dari 25 persen sehingga menjadi 30 persen. Itu sudah lumayan,” ucap Lianto.

Lima gerai Ace Hardware yang menyediakan kaca Film V-Kool berada di ACE Home Center Living World, Mall Artha Gading, Kota Kasablanca, Living Plaza Bekasi, dan Cibubur Times Square.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com