Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Penyebab Rusaknya "As Kopel" Roda Mobil

Kompas.com - 26/09/2016, 10:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifKompasOtomotif sudah menjabarkan Terdengar ”Tek-tek-tek” dari Ban Saat Mobil Belok pada daerah roda mobil saat berbelok. Hampir pasti, bebunyian itu berasal dari Constant Velocity (CV) Joint atau disebut juga as kopel, atau kopel as bagian luar (outher shaft). Pertanyaan selanjutnya, kenapa bisa rusak?

Ada beberapa penyebab yang menurut Imam, punggawa bengkel Jaya Per di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, biasa ditemukan. ”Alasan paling gampang adalah usia. Karena ini kan benda bergerak, jadi pasti ada yang kerusakan jika lama dipakai,” kata Imam.

Detailnya, Imam mengatakan bahwa CV joint yang rusak bisa diakibatkan karena karet pelindung mulai getas karena panas. Panas membuat karet menjadi lebih kaku, ditambah dengan posisi komponen ini berada di bawah mesin sekaligus harus menerima genangan air jika hujan.

”Intinya ada di karet ini. Kalau sudah mulai rusak atau sobek, pelumas sudah pasti keluar. Terus, komponen di dalamnya kena debu dan kotoran, yang bikin pelumasan tidak sempurna lagi. Selain sobek atau getas, bisa juga longgar,” jelas Imam.

Imam menyarankan untuk pengguna mobil rajin memeriksa kondisi kaki-kaki paling tidak enam bulan sekali. Tinggal putar kemudi maksimal ke kanan atau kiri untuk mengintip bagian ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com