Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AISI Mengaku Tidak Menghimpun Data Harga Motor

Kompas.com - 06/09/2016, 18:35 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis


‎Jakarta, KompasOtomotif - Salah satu tugas penting Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yaitu mengumpulkan data terkait industri termasuk data volume produksi para anggotanya. Akan tetapi Ketua AISI Gunadi Sindhuwinata menolak jika asosiasi diduga juga menghimpun data ‎harga jual setiap produk di pasaran.

Investigator dalam sidang lanjutan dugaan kartel Honda dan Yamaha di gedung Komisi Pengawas Persaingan ‎Usaha (KPPU), di Jakarta, Selasa (6/9/2016), mencurigai AISI mengetahui harga jual setiap produk anggotanya. Hal itu dianggap berkaitan dengan dugaan usaha Honda dan Yamaha menetapkan harga jual produk skutik.

‎"Kami tidak pernah meminta harga. Karena percuma, kembali lagi itu strategi pasar sebab bisa berubah‎-ubah," kata Gunadi.

Proses yang selama ini terjadi, para anggota AISI sekarang -Honda, Yamaha, ‎Suzuki, Kawasaki, dan TVS, mengirimkan data produksi dan penjualan secara sukarela setiap bulan. Tidak ada sanksi jika anggota telat memasok data sebab sifatnya tergantung kesadaran.

Data yang AISI kepada berbagai pihak, tiga di antaranya yakni Kementerian Perindustrian, Pemerintah Daerah, dan media.

Gunadi juga menyatakan AISI tidak pernah menyiarkan data omzet para anggota. ‎"Kami tidak dalam posisi meminta memantau atau menentukan harga," kata Gunadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com