Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Bos Tuntut VW Puluhan Juta Euro

Kompas.com - 06/09/2016, 15:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Frankfurt, KompasOtomotif - Mantan eksekutif Volkswagen Group dan CEO Bentley, Wolfgang Schreiber, menuntut Volkswagen membayar puluhan sampai ratusan juta euro. Ini terkait dengan royalti dalam peran sertanya mengembangkan teknologi dual clutch gearbox pada pabrikan asal Jerman tersebut.

Dari gugatan atas paten yang diajukan di pengadilan Munich, dikatakan bahwa Schreiber telah menolak uang kompensasi 20 juta euro atau Rp 293 miliar. Sampai saat ini, Schreiber masih mencari uang royalti yang memadai terkait hasil kerja kerasnya.

Hingga saat ini, teknologi dual clutch gearbox, sudah digunakan pada jutaan mobil penumpang merek Volkswagen, seperti dilansir Reuters, Selasa (6/9/2016). Belum diketahui apa yang melatarbelakangi Schreiber melakukan hal tersebut.

Saat dikonfirmasi, seorang juru bicara Volkswagen mengatakan, Schreiber memang secara resmi telah menuntut kompensasi langsung kepada VW. Namun, sang juru bicara menolak untuk memberikan informasi terkait rincian seperti jumlah yang diminta.

Pihak VW tersebut beralasan, ini merupakan sengketa yang sedang berlangsung dan belum terselesaikan. Jadi masih belum bisa dipublikasi, terkait dengan jumlah yang diminta oleh
Schreiber.

Schreiber bergabung dengan VW Group di tahun 1984. Dia adalah kepala pengembangan transmisi merek VW dari tahun 1996 ke 2003. Schreiber juga merupakan CEO Bentley periode 2012-2014 sebelum Ia digantikan oleh Wolfgang Duerheimer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com