Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Regulasi Emisi di Eropa Tak Kenal Ampun

Kompas.com - 24/08/2016, 14:55 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

London, KompasOtomotif – Regulasi emisi yang ketat diterapkan oleh negara-negara di Eropa membawa musibah buat berbagai merek kendaraan. Salah satunya, merek motor asal Amerika Serikat, Victory, yang kini menyisakan empat dari 12 model yang sebelumnya dijual.

Pemangkasan model-model itu disebabkan motor tak lulus uji emisi Euro IV yang sudah menjadi perkara wajib di Eropa. Keempat model yang lolos adalah Victory Octane, Gunner, High-Ball, dan Judge, yang ironisnya, bukan termasuk dari line up 2017. Tidak ada model bagger atau touring.

Banyak yang menyayangkan dengan nasib Victory di sana. Polaris Industries sebagai induk perusahaan harus memperbaiki emisi gas buang jika ingin memperbesar pasar di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (EMEA).

Sebenarnya Victory punya model listrik, yakni Empulse TT. Namun model yang sudah pasti akan lolos uji emisi (emisi 0) itu belum dijual di Eropa.

Ya, Eropa memang ketat untuk urusan yang satu ini. Tak hanya emisi, semua motor yang dijual di sana harus sudah dilengkapi ABS dan daytime running lights (DRL).

”Oktan memang mulai menjadi perhatian utama dari Victory, dan saat ini kami siap untuk ke chapter selanjutnya. Tentu, kami sedih beberapa model harus meninggalkan kawasan EMEA, tapi setelah ini, kami punya yang lebih menarik,” kata Rodney Krois, GM Victory Motorcycles.

Victory masih diperbolehkan menjual stok 2016 yang terlanjur masuk, termasuk Cross Country, Cross Country Tour, Vision, dan Magnum. Saat stok habis, konsumen harus gigit jari sampai Victory memperkenalkan motor yang sanggup memenuhi regulasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com