Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mimpi Calon Pengusaha Muda Difasilitasi Honda

Kompas.com - 09/08/2016, 16:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Puluhan calon enterpreneur yang tergabung dalam Astra Honda Motor (AHM) Best Student (AHMBS) 2016 dari berbagai wilayah di Indonesia siap berkompetisi memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungannya. Mereka akan memaparkan ide dan kreativitas menawarkan inovasi.

AHMBS 2016 mengumpulkan siswa-siswi terbaik tingkat SMA melalui proses seleksi ketat yang dilakukan oleh jaringan main dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. 573 peserta dari 301 sekolah disaring jadi 69 finalis.

Mereka telah memaparkan karya tulis bertema entrepreneur. Karya para siswa ini dinilai dari sisi keunikan ide wirausaha, proses perencanaan, proses eksekusi jual-beli, laporan keuangan, hingga skema mempertahankan dan mengembangkan usahanya.

Dalam Final AHMBS 2016 tingkat nasional yang berlangsung di Jakarta, tergali informasi beraneka bakat wirausaha dari anak muda. Beberapa ide wirausaha muncul dari semangat membangun daerah.

Misalnya ide siswa Bengkulu Selatan yang membuat tas dari limbah labu kayu sebagai cenderamata. Atau, ide siswa Denpasar membuat Boreh Bali Aroma Terapi untuk memopulerkan kembali pengobatan tradisional Bali. Begitu juga ide brilian siswa Jambi untuk membuat lotion anti nyamuk khas Jambi dari limbah biji duku.

Inspirasi wirausaha juga muncul di bidang kuliner. Dari Makassar, ada ide membuat es krim dari sayuran, Yogyakarta muncul ide inovasi menu bakpia yang dibuat dari daun kelor, dan lainnya.

Dari ranah teknologi pertanian dan peternakan, ada ide pembuatan pupuk dari enceng gondok di Banjarbaru dan pupuk dari kulit kerang di Jakarta. Dari Payakumbuh muncul pula ide pembuatan biogas dari kotoran ayam.

AHM irektur PT Astra Honda Motor (AHM) David Budiono (kiri) dan manajemen AHM mendampingi siswa-siswi peserta AHMBS menyerahkan foto kenangan kepada Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie di kediaman Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie, Kuningan (7/8).
Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin menyatakan program AHMBS tahun ini diproyeksikan untuk mendorong lahirnya generasi muda kreatif yang bisa memberikan manfaat buat sesama. Program ini diharapkan dapat mengeksplorasi ide wirausaha muda dengan segala inovasi dan keunikannya, sekaligus menjadi sarana saling bertukar dan memperkaya pengetahuan antarsiswa.

Untuk semakin memperkaya siswa untuk menjadi pengusaha yang mampu berkontribusi bagi sesama, AHM Best Student juga menggelar diskusi dengan sociopreneur muda M. Alfatih Timur.

BJ Habibie
Presiden Republik Indonesia ke-3 Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie memberikan motivasi terhadap siswa AHMBS di kediamannya di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (7/8/2016). Kontribusi besar Habibie bagi bangsa melalui beragam karyanya memberikan inspirasi bagi mereka untuk mengembangkan bakat wirausaha untuk kemajuan bangsa.

”Inspirasi dan motivasi Pak Habibie akan mengantarkan anak-anak muda ini untuk terus berkreasi dan berkontribusi terhadap kemajuan bangsa,” ujar Muhibbuddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com